Aktivasi IKD di Nunukan Baru Capai 3.521 Penduduk

benuanta.co.id, NUNUKAN – Identitas Kependudukan Digital (IKD) disebut bakal menggantikan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) fisik. Karena itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan aktivasi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Nunukan, Agus Palentek melalui Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pengelolaan administrasi Kependudukan (Piak) Achmad Sabarul Yaqin, mengatakan untuk aktivasi IKD, masyarakat cukup membawa e-KTP Nunukan, smartphone, email aktif dan nomor HP aktif ke kantor mereka.

Baca Juga :  Bakal Gelar Pawai Budaya di Nunukan, Polres Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Karena pendaftaran IKD atau KTP Digital, perlu didampingi oleh petugas. Masyarakat yang ingin melakukan aktivasi bisa langsung ke kantor Disdukcapil, pelayanan aktivasi IKD terbuka setiap hari dan di jam Kerja.

“Petugas kami akan mengarahkan warga untuk mengunduh aplikasi IKD terlebih dahulu, setelah itu  baru akan mendaftar,” kata Yaqin, Rabu (19/6/2024).

Baca Juga :  Iraw Ajang Pererat Silaturahmi Suku Tidung di Empat Serumpun

Saat ini di Nunukan baru sekitar 3.521 penduduk yang melakukan aktivasi IKD. “Di triwulan ke 3 kami merencanakan akan melakukan kegiatan ativasi IKD dengan cara jemput bola, ke kantor-kantor pemerintahan, dan ditempat umum untuk memudahkan masyarakat mendaptkan pelayanan aktivasi,” jelasnya.

Ia menjelaskan, aktivasi IKD ini penting karena dapat mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital dan dapat mencegah kebocoran data.

Baca Juga :  Sempat Terjadi Pemadaman Listrik di Nunukan, PLN Ungkap Penyebabnya

“Ini juga membantu kami update data kependudukan di Kabupaten Nunukan,” terangnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *