Menunggu Proses Lelang, Ruas Jalan Lingkar Nunukan Kembali Disiram Aspal Tahun Ini

benuanta.co.id, Nunukan – Pengerjaan Ruas Jalan Lingkar Nunukan kembali dikerjakan tahun ini. Hal itu disampaikan Gubernur Kaltara, Zaianl A Paliwang saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Nunukan, belum lama ini.

Disampaikan Gubernur, Ruas Jalan Lingkar akan diaspal tahun ini dan menunggu proses lelang di DPUPR-Perkim Kaltara. Dua ruas jalan yang akan diaspal merupakan pengerjaan lanjutan dari proyek Ruas Jalan Lingkar yang telah dikerjakan sebelumnya.

“Kita gunakan dua sumber dana. Pengerjaannya sempat tertunda karena menunggu anggaran, tapi tahun ini penganggarannya sudah rampung tinggal menunggu proses lelang selesai,” terang Gubernur.

Ditegaskannya, Pemprov Kaltara akan terus berupaya dalam peningkatan infrastruktur di seluruh wilayah Kaltara. Termasuk Ruas Jalan Lingkar di Kabupaten Nunukan yang disebutkannya sebagai salah satu prioritas peningkatan jalan yang akan terus dikerjakan.

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

“Kita akan maksimalkan pengerjaan dan peningkatan infrastruktur kita. Semoga dengan jalan yang sudah diaspal ini bisa bermanfaat, serta membantu perekonomian warga,” tuturnya.

Terkait hal ini, Kepala DPUTR-Perkim Kaltara, Helmi menerangkan dua sumber anggaran dalam pengaspalan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 13 miliar dan Dana Bantuan Khusus (DBH) Sawit sekitar Rp 7 miliar.

“DAK 1.5 Km dan DBH Sawit 1.1 Km. Dikerjakan tahun ini sementara kita menunggu proses lelang. Kalau sudah ada hasil dari proses lelang langsung kita kerjakan pengaspalan,” terang Helmi.

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

Dikarenakan menggunakan dua sumber anggaran, pengaspalan akan dimulai dari Kampung Tengah, Nunukan Selatan menggunakan DAK. Selanjutnya, pengaspalan jalan sepanjang 1.1 km dilanjutkan menggunakan sumber DBH Sawit.

Kata Helmi, output Ruas Jalan Lingkar Nunukan berkisar 52 Km dan telah dikerjakan sekitar 34 Km berupa pengaspalan dan rigid beton. Adapun jalan yang akan diaspal di Kampung Tengah tembusan ke Desa Binusan tersebut berupa jalan tanah.

“Kita mulai dari Kampung Tengah. Pengaspalan sepanjang 1.5 Km menyambung dari rigid beton. Dari rigid beton ini nanti lanjut lagi pengaspalan 1.1 Km. InsyaAllah tembusnya nanti di Ruas Jalan Lingkar di Desa Binusan. Di sana jalannya belum lama ini sudah diaspal, jadi pengerjaan ini pengerjaan pengaspalan lanjutan,” urainya.

Baca Juga :  PUPR-Perkim Kaltara Bangun Jembatan Hubungkan Long Bawan-Lembudud-Long Layu

Sebelumnya peningkatan Ruas Jalan Lingkar Nunukan sepanjang 16,6 Km juga menggunakan DAK tahun 2023 sebesar Rp 26,4 miliar, yang terbagi dari peningkatan jalan sepanjang 2.9 Km dan pemeliharaan rutin sepanjang 13.7 Km yang rampung pada Desember 2023 lalu. (*)

Reporter : Rewinda

Editor : Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2652 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *