Bapedda-Litbang Sosialisasikan Enggang Kaltara Project

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dukung pembangunan rendah karbon berketahanan iklim di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bapedda-Litbang) Provinsi Kaltara melakukan sosialisasi Enggang Kaltara Project bersama Perusahaan Perkebunan Sawit yang ada di Kaltara.

Enggang Kaltara Project sendiri merupakan gerakan di mana setiap penurunan karbon yang dilakukan oleh setiap Perusahaan Perkebunan Sawit nantinya akan dikelolah oleh Perusahaan Daerah (Perusda) Pemprov Kaltara yakni Enggang Kaltara Lestari Project.

“Hal ini kita lakukan karena penurunan emisi karbon sendiri menghasilkan nilai ekonomi, oleh karena itu pengumpulan karbon ini sendiri akan dilakukan langsung oleh Perusda kita,” kata Pejabat Perencanaan Ahli Muda, Yatno Supriadi pada Selasa, 18 Juni 2024.

Sosialisasi ini sendiri juga dilakukan oleh Bapedda-Litbang Kaltara untuk menyadarkan para pelaku usaha Perkebunan Sawit dan Peternakan, mengenai pentingnya menurunkan emisi karbon untuk menciptakan kondisi alam yang lestari.

“Artinya selain linkungan hijau kita juga mendorong agar pelaku industri menjaga habitat flora dan fauna yang ada di alam, sehingga apapun kegiatan industrinya kita tidak perlu takut akan dampak lingkungannya,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Enggang Kaltara Lestari Project, Tajudin Tuo mengatakan pihaknya sangat siap mencarikan pasar untuk perdaganggang karbon ini. Di mana hasilnya nanti akan dijadikan PAD untuk membantu percepatan pembangunan Provinsi Kaltara.

“Makanya sosialisasi ini kita lakukan sekaligus mengajak para pelaku industri untuk bekerja sama dan alhamdulilahnya semua pelaku industri yang kita ajak siap melakukan kerja sama penurunan emisi karbon ini,” tuturnya.

Di sisi lain salah satu pelaku Industri asal Kabupaten Nunukan, Zainudin mengaku Perusahaannya sangat siap melakukan kerjasama ini, sebagai bentuk kolaborasi pihak swasta bersama Pemprov Kaltara dalam membangun Daerah.

“Kita sangat siap karena hal ini juga memberikan dampak positif bagi para pelaku industri, lingkungan dan Pemerintah,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *