Momen Iduladha, Aktivitas Keberangkatan Pelabuhan Tengkayu I Normal

benuanta.co.id, TARAKAN – Jelang perayaan Hari Raya Iduladha, Pelabuhan Tengkayu I ramai dipadati penumpang sejak Sabtu, 15 Juni 2024, kemarin. Tercatat sebanyak 1.900 penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Tengkayu I, kemarin.

Saat dikonfirmasi, Staf Syahbandar Pembantu Pelabuhan Tarakan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Wilayah XVII Kaltim-Kaltara, Sudirman mengatakan, dari jumlah penumpang sejak kemarin tak terindikasi adanya lonjakan penumpang. Menurutnya, momen Iduladha kali ini terpantau normal sama halnya dengan weekend di hari biasa.

“Penumpang sama saja seperti long weekend pada umumnya. Tidak ada peningkatan yang signifikan,” katanya kepada benuanta.co.id, Ahad (16/6/2024).

Meski tak ada lonjakan yang begitu signifikan, pihaknya tetap mengantisipasi adanya lonjakan penumpang. Sejauh ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) untuk penambahan armada.

Baca Juga :  KPU Kaltara Sebut Persiapan PSU Tarakan Sudah Sesuai Juknis

“Pastinya kita menunggu juga informasi dari Dishub Provinsi Kaltara dan Gapasdap. Sampai saat ini belum ada konfirmasi ke kita. Karena penumpang saat ini masih normal saja,” lanjutnya.

Momen Iduladha kali ini, dikatakan Sudirman berbeda dengan momen Idulfitri. Kendati waktu libur cukup panjang Iduladha cukup panjang, normalnya aktivitas keberangkatan di Pelabuhan Tengkayu I dikarenakan terdapat beberapa masyarakat yang memilih berangkat menggunakan Kapal Ferry.

Baca Juga :  Dinkes Tarakan akan Lakukan Imunisasi Polio di Posyandu, Puskesmas dan Sekolah

“Tahun-tahun kemarin juga pas Iduladha normal saja. Tapi kita juga tetap rutin cek manifest supaya tetap sesuai dengan SOP keberangkatan,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu penumpang tujuan Tanjung Selor, Marlinda mengatakan ia memilih berangkat menggunakan speedboat lantaran dinilai lebih cepat. Terlebih pada H+1 Iduladha, ia harus kembali ke Kota Tarakan.

“Sebenarnya berangkatnya kemarin sama-sama keluarga besar tapi karena masih ada kerjaan jadi baru hari ini berangkat. Apalagi ini long weekend ya, ada cuti bersama di hari Selasa jadi Iduladha di Tanjung Selor,” sebutnya.

Marlinda mengaku sarana prasarana yang ada di dalam speedboat juga cukup nyaman. Ia juga sering melihat petugas melakukan pengecekan terhadap barang bawaan penumpang sebelum keberangkatan.

Baca Juga :  H+1 PSU, Bawaslu Tarakan Tak Temukan Indikasi Pelanggaran 

“Semoga perjalanan lancar sampai tujuan dengan selamat. Petugasnya juga saya lihat selalu periksa tempat barang penumpang itu, nyaman saja untuk naik speedboat karena setiap bulan pasti ke Tanjung Selor melihat orang tua,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2526 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *