Dinas Pertanian Siap Bantu Pemenuhan Bibit Kakao dan Sawit di Tabalar Ulu

benuanta.co.id, BERAU – Dalam rangka merealisasikan ‘good agriculture practice’ Dinas Perkebunan Kabupaten Berau memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok tani dan masyarakat.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Berau, Lita Handini menjelaskan pada tahun 2024 melalui anggaran murni dari APBD murni akan dilaksanakan lima kegiatan di lima lokasi berbeda.

“Pelatihannya beda-beda, kalau di lokasinya mayoritas petani kakao kita berikan pelatihan tentang kakao,” ucapnya Jumat (14/6/2024).

Meskipun begitu, Lita menilai jika ada permintaan dari petani mempertanyakan komuditas perkebunan lainnya, dinas perkebunan siap berikan.

Baca Juga :  Pelaksanaan CASN Berau Masih Menanti Validasi Pusat

“Salah satu kampung yang sudah diberikan pelatihan itu di tabalar ulu, yang kita berikan pelatihan budidaya perkebunan, jadi semua komuditas perkebunan sih,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kampung Tabalar Ulu, Derviansyah mengapresiasi pelatihan yang diberikan oleh dinas perkebunan untuk kelompok tani dan masyarakat yang ada di Tabalar Ulu.

“Kami sangat mendukung program perkebunan yang ada di Tabalar Ulu,” bebernya.

Baca Juga :  Proyek Pembangunan RSUD Tanjung Redeb Baru 34 Persen

Kepala Kampung termuda di Kabupaten Berau itu juga mengakui bahwa sektor pertanian di Tabalar Ulu masih kurang dikarenakan kurangnya lahan untuk persawahan.

“Jadi salah satu yang bisa dikembangkan saat ini itu hanya perkebunan seperti sawit dan kakao,”  imbuhnya.

Dervi juga meminta perhatian Pemerintah Kabupaten Berau untuk dapat membantu masyarakat dan kelompok tani di Tabalar Ulu untuk lebih dapat berkembang khususnya perkebunan kakao dan sawit.

Baca Juga :  Tinjau Kawasan Tepian Ahmad Yani, Bupati Berau: Lebih Rapi

“Harapannya pemerintah bisa memberikan bantuan kepada masyarakat dan kelompok tani di Tabalar Ulu karena untuk perkembangan perkebunan kakao dan sawit di sini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *