BBM dan LPG Diprediksi Alami Peningkatan Permintaan saat Idul Adha

benuanta.co.id, TARAKAN – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, PT Pertamina Patra Niaga regional Kalimantan memastikan stok BBM dan LPG terpenuhi.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, mengatakan, pada tahun ini diperkirakan akan terdapat peningkatan sebesar 1,9 persen untuk BBM jenis Gasoline atau Pertamax Series dan Pertalite, 3,1 persen untuk BBM Jenis Gasoil atau Dex Series dan Solar dan 3,8 persen untuk LPG.

“Dari sisi stok, Pertamina memiliki stok hingga 11 ketahanan hari untuk BBM dan 3 sampai 5 ketahanan hari untuk LPG. Jumlah stok ini akan terus ditambah dari rantai suplai yang terus berjalan saat ini,” ujar Arya, Jumat (14/6/2024).

Baca Juga :  Pertemuan Sosek Malindo, Peningkatan Kesejahteraan Wilayah Perbatasan Dibahas

Khusus untuk wilayah Kaltara, pihaknya memperkirakan jumlah kebutuhan harian untuk BBM saat Idul Adha sebanyak untuk BBM jenis Gasoline 386 kiloliter, BBM Jenis Gasoil 129 kiloliter dan LPG sebanyak 52 meternik ton.

Adapun untuk jumlah ini naik 3,6 persen untuk BBM jenis Gasoline, 0,3 persen untuk BBM jenis Gasoil dan 3,4persen untuk LPG dari penyaluran harian normal.

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

“Sementara itu jumlah stok untuk wilayah Kalimantan Utara dipastikan aman saat dan setelah Idul Adha 1445H,” tambah Arya.

Ia melanjutkan, juga terus menghimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying dan tidak menggunakan BBM serta LPG bersubsidi yang diprioritaskan bagi warga masyarakat yang kurang mampu.

Sejauh ini, pihaknya masih sering menemukan adanya penggunaan BBM dan LPG yang tidak tepat sasaran. Untuk mengantisipasinya, pembelian BBM saat ini diharuskan menggunakan QR code dan untuk LPG menggunakan KTP (NIK).

Baca Juga :  Jokowi Terbitkan Perpres Distribusi Izin Tambang untuk Ormas Keagamaan

“Diharapkan masyarakat dengan ekonomi mampu tidak membeli BBM dan LPG bersubsidi. Saat ini Pertamina terus menjalankan program subsidi tepat agar penyaluran BBM dan LPG bersubsidi sampai kepada mereka yang berhak,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *