Kunjungan Kerja di Perbatasan, Pangdam Apresiasi Sinergitas Prajurit

benuanta.co.id, NUNUKAN – Kunjungan kerja di perbatasan, Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Rafael Granada Baay apresiasi sinergitas Satgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC dengan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Nunukan.

Rafael mengatakan, kunjung kerja yang dilakukan tersebut berlangsung selama dua hari. Dalam kesempatan itu, ia mengunjungi beberapa Pos Perbatasan yang ada di Pulau Sebatik.

“Kunjungan ini untuk melaksanakan pengendalian dan pengawasan secara langsung terhadap satuan pengamanan perbatasan,” ucap Rafael kepada awak media, Rabu (12/6/2024).

Kegiatan ini ia lakukan untuk mengecek dan melihat kondisi seluruh prajurit serta memberikan dukungan secara moril secara langsung. Menurutnya, sebagai besar masyarakat yang berada di wilayah Perbatasan sangat mengapresiasi satuan tugasnya  dalam menjaga garis perbatasan.

Baca Juga :  Komisi I DPRD Soroti Pelayanan di RSUD Nunukan

“Sinergitas yang personel bangun dengan masyarakat juga sudah sangat baik dengan seluruh elemen masyarakat,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Rafael juga mengapresiasi capaian kinerja prajuritnya dalam penggagalan penyelundupan narkoba. Begitupun dengan sejumlah senjata-senjata rakitan yang selama ini dikuasai oleh masyarakat dengan kesadaran diri dapat menyerahkan kepada personel secara mandiri dengan pendekatan yang dilakukan oleh pihaknya.

Baca Juga :  Tiga Pelajar Nunukan Wakili Kaltara di Ajang FLS2N 2024

“Termasuk penindakan penyelundupan barang-barang ilegal lainnya seperti Miras, Kosmetik dan barang terlarang lainnya yang dapat merusak ekonomi bangsa semua dapat dicegah oleh Satgas Pamtas Yonarhanud 8/MBC di wilayah perbatasan,” jelasnya.

Rafael mengatakan, keberhasilan ini tak terlepas dari sinergitas dan koordinasi yang baik dengan sejumlah instansi vertikal lainnya di Nunukan baik pihak Bea dan Cukai, BP3MI Kaltara, Polres Nunukan dan Imigrasi Nunukan.

“Tentunya harapan kita, sinergitas ini bisa terus berjalan dengan baik dalam rangka menjaga keamanan wilayah,” ucapnya.

Baca Juga :  Iraw Ajang Pererat Silaturahmi Suku Tidung di Empat Serumpun

Namun, ia mengaku jika hasil dari kunjungan kerjanya ini, ada beberapa hal yang menjadi catatan dan bahan evaluasi untuk kedepannya. Khususnya terkait sarana dan prasarana Pos Satgas Pamtas. (*)

Reporter: Novita A.K

Editor : Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *