Harkitnas 2024, Gubernur Kaltara Sebut Momentum Kebangkitan Kedua menuju Indonesia Emas 2045

TANJUNG SELOR – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun 2024 menjadi momentum “Kebangkitan Kedua” buah dari perjuangan para pendahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang merupakan fase “Kebangkitan Pertama”.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalimantan Utara, Dr. (H.C.) H. Zainal A. Paliwang, M.Hum membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi saat menjadi pembina upacara peringatan Harkitnas 2024 di Lapangan Agathis, Senin (20/5).

“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa,” ujar Gubernur .

Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu kini Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan peluang baru.

Baca Juga :  Gubernur Raih Anugerah 25 Pemimpin Inspiratif 2024

“Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru. Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini, inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan hidup manusia secara revolusioner,” tambahnya.

Adagium di zaman ini “Dia yang menguasai teknologi, Dia pula yang akan menguasai peradaban” semakin jelas penguasaan akan teknologi merupakan keniscayaan bagi bangsa untuk menyongsong “Indonesia Emas”.

“Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusi. Dunia seakan mengerdil. Semua seperti mendekat, terpampang jelas di depan mata. Jarak tak lagi relevan, kehadiran visual menyempurnakan kehadiran suara,” ucap gubernur.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Bekali UMKM Alur Ekspor Produk

Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Presiden Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir, tantangan demi tantangan bisa dihadapi bersama oleh seluruh komponen bangsa yang menggerakkan roda transformasi dengan pasti, hasil demi hasil telah dinikmati dari kalangan perkotaan hingga pedesaan di seluruh penjuru tanah air.

“Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Sebagai bangsa kita tidak boleh lagi berjalan lamban. Seluruh pria potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045,” tutup Gubernur mengakhiri sambutan Menkominfo.

Baca Juga :  Jadi Pintu Masuk IKN, Kaltara Berbenah Tingkatkan Produktivitas Pangan Nasional

Tampak lengkap hadir seluruh jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah diantaranya Sekertaris Provinsi (Sekprov), Dr. H. Suriansyah., M.A.P., Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian,Ilham Zain, S.Sos., M.Pa., selaku Pengatur Upacara serta jajaran Kepala Dinas dan Kepala Biro lainnya yang hadir selaku peserta upacara. (dkisp)

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *