PDAM Serahkan Deviden Rp 12 Miliar ke Pemkot Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alam Kota Tarakan menyerahkan deviden buku tahun 2023 sebesar Rp 12 miliar lebih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan pada Kamis, 1 Februari 2023. Penyerahan tersebut berlangsug di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan dan dihadiri para kepala dinas Kota Tarakan serta stakeholder terkait.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul mengungkapkan terima kasih kepada pihak PDAM yang telah menyerahkan deviden tersebut kepada Pemkot Tarakan. Ia juga mengungkapkan deviden tahun 2023 mengalami kenaikan dari tahun tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Patroli di Wilayah "Texas" Petugas Gabungan Amankan Satu Orang

“Tahun lalu Rp 7 miliar sekarang Rp 12 miliar, yang beliau sampaikan ke saya tahun depan akan meningkat lagi,” ujar dr. Khairul, Kamis (1/2/2024).

Ia juga berharap PDAM Kota Tarakan memiliki kinerja yang semakin membaik begitu pun dengan Perumda lainnya agar dapat mengurangi beban pemerintah daerah. Terkait hal tersebut, Direktur Utama (Dirut) PDAM Tirta Alam Kota Tarakan, Iwan Setiawan membenarkan adanya peningkatan deviden yang hampir mencapai 100 persen. Dibandingkan tahun lalu kenaikan deviden yang diberikan oleh PDAM kepada Pemkot Tarakan sebesar 48 persen.

Baca Juga :  Pemkot akan Laksanakan Pasar Murah 6 Maret, Sebut Ribuan Ton Beras Menuju Tarakan 

“Ini berkat kinerja PDAM yang bagus, efisiensi dalam pengadaan barang operasional. Efisiensi kita di 2023 sekitar Rp 11,9 miliar,” ungkapnya.

Tak hanya kinerja, ia juga mengungkapkan hal tersebut juga dikarenakan penjualan yang meningkat, perbaikan pelayanan air yang terjual dan reklasifikasi golongan.

“2024 kita perkirakan deviden kita Rp 17 miliar disamping ada beberapa pembiayaan dari PDAM jadi nggak kayak dulu PDAM sudah mulai keluar dari Pemkot untuk masalah pembiayaan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  15 Karhutla Melanda Tarakan, BPBD Sebut Bencana Hidrometeorologi

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *