Stok Darah A dan O Mulai Sedikit di Berau Sementara Permintaan Meningkat

benuanta.co.id, BERAU – Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau yang berlokasi di Jalan Pulau Panjang depan RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb.

Mendekati hari raya keagamaan nasional Natal dan cuti bersama Tahun Baru 2024, diketahui saat ini permintaan masyarakat yang membutuhkan stok kantong darah A dan O meningkat drastis.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Unit Transfusi dan Donor Darah, dr Yushelly Pratiwi bahwa stok darah golongan A dan O saat ini menipis.

Baca Juga :  Pulau Maratua Disarankan Harus Ada Warning Sistem dan Posko Bencana

“Sementara permintaan darah tersebut mengalami peningkatan. Saya mendorong masyarakat yang memiliki golongan darah A dan O mau mendatangi Unit Donor Darah (UDS) PMI Berau untuk melakukan donor darah,” ungkapnya Ahad (24/12/2023).

Walaupun demikian, sambungnya antusiasme masyarakat untuk donor darah sejatinya tetap stabil.

“Tapi sebagian donor rutin belum memasuki waktu yang disarankan sesuai aturan. Sehingga, kemungkinan pada awal tahun mendatang donor rutin baru dilaksanakan kembali,” ujarnya.

Baca Juga :  RSUD Abdul Rivai Sediakan Ruang Khusus Caleg Gagal

Lebih lanjut, kata dia kebutuhan stok darah ini saat ini perlu ada penanganan medis di rumah sakit dan sebagainya.

“Kebutuhan harus selalu dijaga stoknya agar ketika suatu saat dibutuhkan maka permintaan akan terpenuhi. Ya kami harap donor yang sudah biasa namun belum mendonor bisa mendonorkan darahnya,” ucapnya.

Kemudian bagi masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya bisa langsung datang ke UDD PMI Berau untuk mendaftarkan diri sebagai donor darah.

Baca Juga :  Bupati Klaim Telah Realisasikan 18 Program Kerja, DRPD Siap Kawal hingga Tuntas

“Kami tetap melaksanakan donor darah, kami harap masyarakat bisa berkontribusi.
Saat ini, stok darah di PMI Berau berjumlah 30 kantong yang terdiri dari Golongan Darah A sebanyak 6 kantong, Golongan Darah B sebanyak 16 kantong, Golongan Darah O sebanyak 2 kantong serta Golongan Darah AB sebanyak 6 kantong,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *