Status Endemi, Dinkes Minta Masyarakat Tetap Waspada Covid-19

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan ingatkan masyarakat tetap waspada wabah Covid-19 yang mulai kembali meningkat dibeberapa daerah.

Meskipun Kota Tarakan belum ada tanda-tanda peningkatan Covid-19 seperti dibeberapa daerah di Indonesia namun, hal tersebut harus tetap diwaspadai oleh masyarakat Tarakan.

“Meskipun saat ini kita status endemi, kalau demam batuk pilek yang dengan covid itu sudah di anggap sama dengan penyakit lain karena sudah bisa dikendalikan,” ujar Kepala Dinkes Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indarti, M.Kes beberapa waktu lalu.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Berikan Bonus pada Pemenang MTQ Tingkat Provinsi

Meski masih berstatus endemi, masyarakat harus tetap siaga dengan menerapkan 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker ketika sakit, memastikan saat pulang kerumah mencuci tangan dengan sabun atau Hansdsanitizer.

Dikatakan dr. Devi saat ini untuk masyarakat yang mengalami demam dan batuk pilek diwajibkan untuk menggunakan masker. Tak hanya ketika sakit namun, saat pergi ke rumah sakit pun harus memakai masker.

Baca Juga :  Kemenag Imbau Pastikan Keamanan Travel Ibadah Haji bagi Haji Furoda

“Karena kita rentan tertular kalau ke pelayanan kesehatan tetap pakai masker. Meskipun kami di pelayanan kesehatan tetap pakai masker,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak perlu panik ketika kasus Covid-19 meningkat tetapi ia mengingatkan masyarakat harus tetap waspada dengan meningkatkan 3 M.

“Peningkatan kasus belum ada. Kalau vaksin covid belum ada distribusi dan arahannya. Karena kemaren ada nya cuman inavac, tapi tidak bisa untuk booster. Jadi hanya bisa untuk dosis 1 dan 2. Kasus di kota Tarakan belum ada tapi ttp harus waspada,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Dua Malam Berturut-turut Motor Warga Gang Trenggalek Tebakar Secara Misterius

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2087 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *