Minimalisir Kecelakaan Kerja, BPJAMSOSTEK Tarakan Bagikan Paket APD

Tarakan – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Tarakan kembali melaksanakan kegiatan promotif dan preventif tahun 2023 dengan membagikan paket Alat Pelindung Diri bagi perusahaan pada sektor usaha Perkebunan berupa Sepatu Booth, Helm dan Sarung Tangan kepada para tenaga kerja yang terdaftar di BPJAMSOSTEK.

Penyerahaan APD ini di serahkan secara simbolis oleh Kepala Bidang Pelayanan BPJAMSOSTEK Cabang Tarakan kepada perwakilan perusahaan

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

Kepala BPJAMSOSTEK Tarakan, Wahyu Diannur menyampaikan, Penyelenggaraan Kegiatan Promotif dan Preventif ini sebagai bentuk apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang tertib administrasi, baik iuran maupun pelaporan upah.

Baca Juga :  Febuari Kunjungan Wisman Meningkat Sebanyak 905 Kunjungan ke Kaltara

Alat Pelindung Diri (APD) diberikan sebagai pencegahan kecelakaan kerja kepada para pekerja yang penuh risiko. Jenis alat pelindung diri diperuntukkan untuk perusahaan di sektor jasa perkebunan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan

Kegiatan ini juga menjadi upaya BPJAMSOSTEK untuk membangun komunikasi yang baik dengan pengurus perusahaan dan para tenaga kerjanya. Pemberian bantuan tersebut diharapkan mampu melindungi diri pekerja dalam melakukan aktivitas pekerjaannya sehari-hari khususnya di sektor perkebunan.

Baca Juga :  Pasca Hari Raya Idulfitri, Stok Sembako di Nunukan Terpantau Aman

Wahyu  menyebut, BPJAMSOSTEK menjalankan program tersebut sebagai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 44 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, serta Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 10 tahun 2016 tentang tata-cara pemberian Program Kembali Bekerja serta Kegiatan Promotif dan Perventif.

“BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu badan representasi negara, turut andil dalam membantu, mendukung dan mendorong para pemberi kerja untuk melaksanakan K3 secara berkelanjutan yang pada akhirnya dapat menjadi suatu budaya di lingkungan kerja sehingga kasus angka kecelakaan kerja dapat diminimalisir,

Baca Juga :  Pasca Lebaran Harga Beras Relatif Stabil di Pasar Gusher

Dalam kegiatan tersebut, Wahyu Diannur berpesan agar menjadikan momen ini untuk mengingatkan akan pentingnya perlindungan hak hak dasar para pekerja yang tidak boleh dilupakan oleh pemberi kerja, Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini sangat penting, karena semua pekerjaan memiliki resiko.

“ Kami berharap kegiatan promotif preventif ini dapat dilakukan terus menerus sebagai sarana sosialisasi, edukasi, dan informasi kepada stakeholder BPJAMSOSTEK mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja”. tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *