Tertibkan Parkir Inap di Tarakan Butuh Solusi Lahan Baru

benuanta.co.id, TARAKAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tarakan melakukan penertiban kurang lebih 50 kendaraan yang melakukan parkir inap di beberapa ruas jalan yang ada di Kota Tarakan.

Penertiban tersebut dilakukan agar akses jalan lancar dilalui dan keindahan kota tetap terjaga. Solusi lainnya saat ini parkir inap telah disiapkan oleh pihak Dishub di samping Taman Berlabuh, namun masih membutuhkan perluasan lagi.

“Harapan kami ke depannya bisa menyiapkan parkir-parkir inap untuk kendaraan roda empat sehingga pemilik kendaraan tidak memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan,” ujar Kepala Dishub Ahmady Burhan, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga :  Kurir Sabu 5 Kg Dituntut Penjara 16 Tahun Denda Rp 1 Miliar

Menurutnya, parkir inap tidak hanya mengganggu pengguna jalan lainnya namun juga membahayakan pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut. Terkait parkir inap yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan diberlakukan sistem bayar atau parkir berlangganan.

Saat ini pihaknya sedang menyiapkan fasilitas parkir inap atau parkir berlangganan ini dapat menjadi solusi untuk masyarakat Kota Tarakan yang tidak memiliki lahan parkir.

Baca Juga :  Berikan PMT, Pemkot Target Stunting di Tarakan Tahun Ini Menurun

“Saat masih kami kaji kembali, sementara ini yang baru parkir inap di samping taman berlabuh truk dan angkutan pelabuhan kita arahkan ke sana,” terangnya.

Ke depannya, Dishub tengah mencari lahan parkir inap lainnya dan juga peluasan lahan parkir agar menyelesaikan permasalah parkir di kota Tarakan. Pihaknya dan stakeholder terkait berharap masyarakat untuk ikut serta membantu pemerintah agar mengikuti ketentuan yang berlaku.

“Sementara ini sekitar 50 hingga 100 kendaraan bisa masuk (lahan parkir inap). Kami berikan imbauan untuk tidak lagi melakukannya dan harapan kami masyarakat bisa tertib menindaklanjuti apa yang kami sampaikan. Teguran dulu, ada surat peringatan kepada pemilik kendaraan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Bea Cukai Tarakan Gempur Rokok Ilegal

Reporter: Sunny Celine

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2585 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *