4 Komoditas Perikanan Kaltara Ini Punya Potensi Topang Ekonomi IKN

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Diproyeksikan akan menjadi penyangga ekonomi Ibu Kota Negara (IKN), Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) memiliki 4 produk perikanan unggulan yang terus dikembangkan.

Empat produk tersebut di antaranya kepiting, udang windu, ikan bandeng dan rumput laut yang selama ini sudah diekspor ke pasar internasional.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara, Rukhi Syayahdin mengatakan, empat  produk unggulan itu merupakan pasar terbesar Kaltara dalam sektor perikanan, sehingga tidak mengherankan jika perekonomian Kaltara juga sangat mengandalkan 4 produk perikanan itu.

Baca Juga :  UPTD Konservasi dan Pengawasan Segera Terealisasi di Nunukan

“Sebenarnya ada banyak produk perikanan yang kita miliki dan berpotensi besar jika di masa yang akan dating. Seperti 4 produk perikanan unggulan kita yang banyak dipesan oleh negara lain,” kata pria yang akrab disapa Rukhi, Ahad, 12 November 2023.

Meski kepiting, udang windu, ikan bandeng dan rumput laut, sendiri sering mengalami gejolak harga. Namun menurut Rukhi hal itu tidak menjadikan 4 produk unggulan ini mati di pasaran.

Pasalnya, selain memiliki pasar yang tetap, 4 produk unggulan perikanan ini juga menjadi sasaran banyak negara untuk dibeli dari Kaltara.

Baca Juga :  UPTD Konservasi dan Pengawasan Segera Terealisasi di Nunukan

“Harganya memang terkadang tidak menentu tapi tidak membuat nelayan atau petaninya menjadi rugi, karena harganya yang suka melambung tinggi di Pasaran,” jelasnya.

“Artinya harganya memang bisa menurun tergantung kondisi pasar, namun produknya selalu dicari dan selalu laku di pasaran,” tambahnya.

Ia menambahkan, 4 produk ini jika nantinya dapat dikelola dengan baik akan menambah nilai ekonomis baiksecara regional, nasional dan internasional.

Baca Juga :  UPTD Konservasi dan Pengawasan Segera Terealisasi di Nunukan

“Selama ini yang kita jual hanya produk mentahnya saja, sehingga pengembangan produk jadinya juga perlu kita lakukan, seperti kepiting soka yang sudah dikenal banyak orang. Tinggal bagaimana kita mendorongnya untuk menambah pangsa pasar,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2592 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *