Wali Kota akan Teken NHPD bagi KPU dan Bawaslu Tarakan Senilai Rp 18 Miliar

benuanta.co.id,TARAKAN – Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tarakan rencananya akan ditanda tangani pada hari Selasa, 15 November 2023 mendatang.

Setelah penanda tanganan NPHD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Gubernur Kaltara, Drs. Zainal Arifin Paliwang pada Kamis, 9 November Kemarin, Kini Kota Tarakan akan menjadwalkan penanda tanganan tersebut pada Selasa yang akan datang mengingat persetujuan anggaran sudah di setujui oleh KPU dan juga Bawaslu.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul mengungkapkan, penandatanganan akan dilakukan secepatnya karena sudah sepakati besaran anggaran Rp 18 miliar. Saat ini pihaknya pun sudah menerima sharing budget dari provinsi yang diberikan ke KPU.

Baca Juga :  Jokowi Enggan Komentari Kader NU yang Bertemu Presiden Israel

“Tinggal dari provinsi lagi besarannya berapa kan kemarin bergerak nih dari sharing provinsi dari 4,6 bergerak jadi 3,2 diawal kita terima, ini masih informasi belum ada surat resmi,” ujar dr. Khairul, Jumat (10/11/2023).

Terkait penyaluran anggaran, ia mengungkapkan pihaknya akan menggelontorkan dana NPHD di tahun depan untuk KPU dan Bawaslu. Seluruh anggaran pilkada jika ditotal berada di angka Rp 24 miliar.

Baca Juga :  PKS Segera Umumkan Bacalon di Pilgub Kaltara 

“Tahun depan kita gelontorkan semua termasuk yang untuk keamanan dan Bawaslu juga,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Tarakan, Riswanto mengatakan pihaknya mengusulkan kurang lebih Rp4 miliar dan memang terjadi penurunan angka yang dikabulkan dari jumlah yang diusulkan sebelumnya.

“Memang ada penurunan tapi gak ada masalah. Karena ada sharing anggaran provinsi sekitaran Rp800-an juta. Dan dari Pemkot Tarakan kabulkan Rp3,6 miliar,” jelasnya.

“Pengurangan saja. Kegiatan yang bisa dipress anggarannya kita laksanakan. Kita gak mau terlalu berlarut membahas ini yang penting semua sudah selesai, sepakat penandatanganan berita acara sudah tinggal penandatanganan NPHD,” tambahnya.

Baca Juga :  PBNU akan Panggil Lima Orang Nahdliyin yang Bertemu Presiden Israel

Ia pun berharap penandatanganan NPHD cepat dilaksanakan. Namun saat ini masih menunggu juga kesepakatan NPHD dari KPU Tarakan.“Jadi biar barengan saja nanti. Yang jelas Bawaslu sudah clear, tidak ada masalah, tinggal tanda tangan NPHD saja,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2574 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *