DPRD Berau: Lahan Eks Tambang Batu Bara Harus Segera Direklamasi

benuanta.co.id, BERAU – Pemkab Berau diminta serius dalam penanganan lahan galian pasca tambang guna mengembangkan sektor berkelanjutan dengan lebih maksimal.

Hal itu disampaikan Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo, yang menyebut sektor berkelanjutan seperti pertanian pangan serta hortikultura mulai sekarang harus diperhatikan Pemkab Berau.

“Karena sektor tersebut merupakan beberapa sektor pilihan yang berpotensi sebagai pengganti sektor pertambangan,” ungkapnya Sabtu (11/11/2023).

Tak hanya itu, pihaknya meminta Pemkab Berau agar eks tambang batu bara diperhatikan jaminan reklamasi.

“Kalau berbicara tentang sektor berkelanjutan, maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana jaminan reklamasi perusahaan terhadap lahan pasca tambang. Harus memperhitungkan keberadaan sektor selain pertambangan,” ujarnya.

Ia meminta Pemkab Berau terus mengingatkan kepada para pelaku pertambangan, termasuk perusahaan raksasa di Bumi Batiwakkal, terkait reklamasi tersebut.

“Pasalnya, saat ini banyak lahan pertanian yang telah beralih fungsi menjadi lahan pertambangan,” ungkapnya.

Padahal, jika sektor pertambangan sewaktu-waktu anjlok, sektor pertanian adalah yang paling memungkinkan untuk dikembangkan.

“Maka dari itu dipikirkan dari sekarang, kalau misalnya kita sudah tidak bisa lagi mengandalkan pertambangan, lalu bagaimana kita mau mengembangkan pertanian kalau lahan-lahan yang ada tidak dilakukan reklamasi secara maksimal,” bebernya.

Ia juga berharap sektor pertanian mendapat perhatian khusus oleh Pemkab Berau, termasuk kucuran anggaran yang disiapkan untuk pertanian, dikatakannya harus sepenuhnya terserap.

“Upaya yang bisa dilakukan sejak sekarang misalnya membantu para petani dalam sarana prasarana pertaniannya. Sehingga pelan-pelan sektor pertanian ini bisa menjadi pilihan yang benar-benar optimal,” imbuhnya.

“Begitu juga dengan lahan-lahan eks pertambangan, saya minta ini mrnjadi perhatian serius untuk Pemkab Berau dan pelaku usaha pertambangan di Berau,” tambahnya kepada benuanta.co.id.(adv)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2585 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *