Sempat Tertunda, Jalur Pelayaran Tarakan – Tawau Dibuka Bulan Ini

benuanta.co.id, TARAKAN – Sempat ditunda karena kapal mengalami kerusakan, pelayaran Internasional rute Tarakan – Tawau dijadwalkan akan beroperasi November 2023 mendatang.

Sempat dijadwalkan beroperasi pada pertengahan Oktober lalu namun, kapal yang digunakan dari PT Indomaya mengalami kerusakan kini masih dalam proses perbaikan dan direncanakan akan beroperasi kembali bulan ini.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Tarakan, Rio Dwi Santoso mengungkapkan saat ini proses perbaikan kapal hampir selesai dan Perbaikan tersebut dilakukan di Tawau, Malaysia.

Baca Juga :  50,04 Persen Perempuan Daerah Perdesaan Bekerja Berpendidikan SD

“InsyaAllah bulan November ini launching lagi. Kabar gembiranya untuk rute sekarang bisa lewat Sungai Nyamuk. Kemarin kan harus lewat Nunukan sekarang diapprove di Sungai Nyamuk dan perjalanannya lebih pendek, mereka lewat di Sungai Nyamuk, kemarin kan lewat dalam (jalur pelayaran),” paparnya.

Berdasarkan hasil trial penyebrangan internasional Tarakan menuju Tawau beberapa waktu lalu, estimasi waktu perjalanan yaitu 4 jam lamanya. Jika perjalanan dilakukan melalui Sungai Nyamuk akan memakan waktu perjalanan yang lebih singkat.

Terkait harga tiket, jika jalur pelayaran melalui Sungai Nyamuk maka dipastikan harga tiket yang biasanya Rp 1 juta maka akan mengalami penurunan hingga kurang lebih Rp 750 ribu namun, angka pasti akan di tentukan oleh operator.

Baca Juga :  Ops Patuh Kayan Dimulai, 14 Jenis Pelanggaran Disorot

Ia menjelaskan kemungkinan akan terjadi perpindahan kapal Kaltara Express yang beroperasi di Nunukan ke Tarakan. Hal tersebut di karena Tarakan adalah kota transit dan banyak penumpang dari bandara. Oleh karena itu, Ia optimis bulan November ini beroperasi rute Tarakan-Tawau dari operator Indomaya.

“Kalau Indomaya jalan, maka Kaltara Express maka akan pindah ke sini. Ini perkiraan saya. Kalau perbincangan sudah ada dan intens kami koordinasi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Wamendag RI Kunjungan ke Pasar Tenguyun Kota Tarakan 

“Itu kemarin force mayor, di luar prediksi ada kendala. Kalau kapal Indomaya muat 126 penumpang,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2585 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *