DPKP Kaltara Bagikan Bibit Tanaman Gratis, Catat Tanggalnya

benuanta.co.id, BULUNGAN – Menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang ke-11, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kaltara juga ambil bagian dengan membuka stand yang diisi berbagai kegiatan.

Salah satunya yang menarik dan sangat dicari oleh masyarakat dalam pameran pertanian adalah pemberian bibit gratis. Seperti yang dilaksanakan pada hari ini adalah pemberian bibit alpukat siap tanam kepada masyarakat.

Kepala DPKP Kaltara, Ir. Heri Rudiyono mengatakan pemberian bibit tanaman seperti alpukat ini sangat diburu oleh masyarakat, seharusnya pemberian 100 pohon bibit alpukat dilakukan pada pukul 08.00 tapi masih pukul 07.30 sudah habis.

“Makanya tadi pagi saya dapat informasi dari staf katanya sudah habis pak. Langsung saya perintahkan tambah 100 pohon lagi, jadi totalnya 200 pohon hari ini,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Senin 30 Oktober 2023.

Selain petani yang melakukan penanaman pohon, namun DPKP inginkan masyarakat juga ikut menanam pohon. Salah satu tujuan bentuk penghijauan juga pohon tersebut bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita ingin masyarakat juga ikut menanam itu di pekarangan rumahnya,” paparnya.

Selain diberikan bibit secara gratis, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi terkait pupuk dan perawatan tanaman.

“Itu bisa didapatkan semua di stand yang sudah kita siapkan selama seminggu ke depan. Tidak hanya sekadar berikan bibit tapi kita ajarkan cara buat pupuknya,” jelasnya.

Agenda selanjutnya pada hari Selasa 31 Oktober 2023, DPKP akan memberikan 200 paket berisi susu, telur dan bibit anak ayam. Tanggal 1 November 2023, akan dilaksanakan pemberian 500 bibit cabai kepada masyarakat.

Lalu tanggal 2 November 2023, dilakukan pembagian bibit mangga sebanyak 100 pohon dan tanggal 3 November 2023 kembali diberikan 500 bibit cabai. Terakhir di penutupan tanggal 4 November 2023 akan dilaksanakan pembagian doorprize dan gelar pangan murah.(*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *