Perbaikan Jalur Kabel Laut, Telkom Sebut Potensi Gangguan Jaringan Internet

benuanta.co.id, TARAKAN – Akses komunikasi data dan koneksi internet di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) berpotensi mengalami gangguan selama beberapa hari ke depan. Hal ini disebabkan lantaran adanya perbaikan Jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) milik PT. Telkom Indonesia.

Akibatnya, ruas wilayah Balikpapan, Berau, Bulungan dan Tarakan kemungkinan akan mengalami gangguan sambungan internet.

Saat dikonfirmasi, General Manager Enterprise & Government Service Regional VI PT. Telkom Indonesia, Taufik mengatakan perbaikan akan dilakukan mulai 25 Oktober hingga 15 November 2023.

Baca Juga :  Setujui Penambahan PJU di Sekitar Bandara Juwata Tarakan

Perbaikan ini dilakukan karena adanya gangguan kabel laut Telkom segmen BU 6 dan BU 7 Balikpapan – Paningki yang membuat tidak maksimalnya arus komunikasi data milik Telkom.

“Sifatnya lebih ke pemeliharaan. Harusnya perbaikannya mulai hari ini. Tapi belum saya update ke lapangan,” katanya saat dihubungi, Rabu (25/10/2023).

Jalur yang akan mendapatkan perbaikan, dia uraikan di antaranya jalur optik laut, optik darat dan radio. Taufik mengharapkan dengan adanya perbaikan ini jalur komunikasi data dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga :  Aturan Baru BPJS Ketenagakerjaan Segera Diterapkan 

Perbaikan ini pun menurut Taufik adalah suatu hal yang wajar.

“Kita usahakan tidak ada gangguan. Hanya berpotensi. Ada beberapa jalur, ketika satunya bermasalah kami upayakan yang lain memback-up,” lanjutnya.

Dalam penanganan perbaikan ini, pihaknya juga menyiagakan patroli penanganan fiber optik pada jalur backbone. Terutama ruas Balikpapan, Berau, Bulungan dan Tarakan. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi jatuhnya jaringan komunikasi data dan koneksi internet.

Baca Juga :  Pekerja Berat Bolehkah Tidak Berpuasa?

“Berkenaan dengan itu, karena satu jalur pemeliharaan maka patroli ditingkatkan. Karena kejadian alam kan kita tidak pernah sangka. Di samping ada beberapa ruas yang ada pekerjaan lapangan dari pihak ketiga seperti jalan dan lainnya. Makanya dibanyakin patroli,” bebernya.

Meski begitu, pihaknya berupaya semaksimal mungkin dalam pemeliharaan jaringan di laut. Sehingga customer tidak mendapat dampak yang signifikan dari perbaikan ini.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

WhatsApp
TERSEDIA VOUCHER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *