Dinkes Kaltara Terus Tingkatkan Kapasitas Petugas Kesehatan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Peningkatan kapasitas petugas kesehatan hingga kini terus dilakukan, hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Utara (Kaltara) Usman.

Peningkatan kapasitas petugas kesehatan di lingkungan puskesmas kabupaten kota mendapatkan pelatihan tentang pelayanan kesehatan yang terus berkembang.

“Kita latih tentang pengatahuan dan keterampilan pada petugas kesehatan juga kita nilai,”ucapnya, Kamis (19/10/2023).

Adapun tujuan dari peningkatan kapasitas petugas kesehatan tentu, membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh tenaga kesehatan, diminta untuk  tumbuhkan jiwa melayani dalam sanubari dan berikan pelayanan sepenuh hati.

“Tenaga kesehatan harus bangga untuk melayani, memberikan yang terbaik dan melindungi masyarakat,” ucapnya lagi.

Tenaga kesehatan merupakan sebuah profesi dengan privilage yang luar biasa, karena memiliki kesempatan dan kemampuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk mendapatkan dokter atau tenaga kesehatan dengan kriteria tersebut, perlu dilakukan upaya sejak saat pendidikan awal,” terangnya.

Tak hanya itu Usman juga menyebutkan menyatakan bahwa masyarakat sangat membutuhkan dokter yang profesional dalam tugas dan melayani dengan hati. Dalam konsep tersebut, dokter diharapkan mampu memiliki lima peran. Yatitu penyedia Pelayanan Kesehatan yang bertanggung jawab  bagi kebutuhan fisik, sosial, dan mental dari pasien. Memastikan bahwa pasien menerima layanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara integratif dan sesuai  standar tertinggi yang dimiliki.

Kedua Pengambil Keputusan yang mampu memberikan keputusan terbaik dengan efikasi pengobatan dan biaya yang dibutuhkan. Ketiga lomunikator yang baik dan mampu berkomunikasi  dengan pasien, keluarga dan lingkungan sekitar, memberikan persuasi dan edukasi demi peningkatan kesehatan pasien.

Keempat  pemimpin masyarakat yang berperan sebagai pemimpin masyarakat serta memberikan masukan dan arahan terkait peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Yang kelima pengelola manajemen yang memiliki kapasitas manajemen yang memadai dalam menyediakan layanan kesehatan bermutu di suatu tempat kesehatan. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *