DPRD Malinau Kebut Penyelesaian Pembahasan APBD Perubahan 2023

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malinau bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau akan mulai kembali melakukan pembahasan rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan tahun 2023.

Pembahasan APBD perubahan sendiri akan dijabarkan melalui rancangan peraturan daerah lalu kemudian akan ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda).

Saat dikonfirmasi, Ketua DPRD Kabupaten Malinau mengatakan Perda APBD Perubahan akan segera dibahas bersama fraksi-fraksi di DPRD, lalu kemudian ditargetkan untuk selesai pada bulan September ini.

Baca Juga :  Pesta Adat Besar Malinau akan Libatkan Para Kesenian Lokal Kaltara

“Semua ada tahapannya, makanya setelah penjabaran rancangan APBD perubahan ini, nanti kita bersama fraksi-fraksi internal akan kembali lagi melakukan pembahasan terkait APBD perubahan tahun 2023,” kata wanita yang akrab disapa Ping pada Minggu 10 September 2023.

Sedangkan untuk target penyelesaian APBD perubahan tahun 2023 ini, Ping mengupayakannya akan diselesaikan pada bulan september tahun 2023 ini.

Baca Juga :  Korban Tenggelam di Sungai Semamu Malinau Ditemukan Tak Bernyawa 

“Target kita secepatnya bisa selesai tapi tergantung situasinya nanti karena kita juga harus memeriksa setiap detail kebutuhan dari penganggaran APBD perubahan ini,” ujarnya.

Diakui oleh Ping pada APBD perubahan tahun 2023 ini telah mengalami kenaikan sekitar Rp 25 miliaran, hal ini berdasarkan dari nota pengantar APBD perubahan Pemkab Malinau. Dimana APBD Perubahan direncanakan mengalami kenaikan dari sisi pendapatan dan belanja nilai penuh belanja pada akhir 2023 direncanakan Rp 2,53 triliun.

Baca Juga :  Pesta Adat Besar Malinau akan Libatkan Para Kesenian Lokal Kaltara

“Jika dilihat tentu akan ada kenaikan berdasarkan dengan jumlah kebutuhan belanja dan pendapatan Daerah. Selain itu kita juga punya target belanja sesuai kebutuhan hingga akhir tahun ini,” lanjutnya lagi.

“Sehingga penyelesaian pembahasan direncanakan bisa tuntas sesuai tenggat waktu penetapan. Kalau perlu selesai, sebelum pelaksanaan Irau tahun 2023,” pungkasnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *