PKM Kampung Bugis Pindah ke Kantor Lama Disdukcapil Berau Jalan Mangga II

benuanta.co.id, BERAU – Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kampung Bugis perlahan akan dipindahkan ke bekas kantor Disdukcapil Berau yang lama yaitu berada di Jalan Mangga II, Tanjung Redeb.

Kasi Sumber Daya Manusia dan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau Jemmy mengatakan saat ini pembongkaran pada bangunan lama Disdukcapil Berau masih terus berlangsung.

“Nantinya di lokasi tersebut akan dibangunkan PKM Kampung Bugis,” ungkapnya, Sabtu (9/9/2023).

Jemmy menjelaskan bahwa alasan pemindahan setelah dilakukan analisa lokasi Puskesmas Kampung Bugis yang sudah tidak bisa menampung masyarakat berobat maupun tenaga kesehatan (nakes) yang ada pada PKM tersebut.

“Sesuai dengan SK Bupati yang memberikan arahan, PKM Kampung Bugis akan dipindahkan ke Kantor Disdukcapil Berau yang lama di Jalan Mangga II yang sempat ditempati PB Porprov Kaltim,” ucapnya.

Baca Juga :  DPRD Berau Gelar RDP Rencana Relokasi Pertambangan Pasir 

Lebih lanjut, dikatakannya saat ini PKM Kampung Bugis masih menggunakan tipe yang lama, sehingga banyak ruangan yang menjadi satu.

Namun menurutnya di lokasi yang baru kini tentu akan memenuhi standar, karena ruangan yang akan dibangun lebih representatif.

“Untuk PKM Kampung Bugis yang akan dibangun sesuai dengan pembangunan fasyankes prototipe nasional. Seperti ruangan infeksius dan non infeksius jelas akan dipisah,” ujarnya.

Dirinya menuturkan, perencanaan awal membutuhkan anggaran kurang lebih Rp 11 miliar, akan tetapi yang disetujui hanya sebesar Rp 6,1 miliar.

“Maka dari itu pembangunan akan dilakukan secara bertahap. Karena anggaran tersebut hanya mengakomodir bangunan gedung, belum termasuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL),” bebernya.

Baca Juga :  Berkas Pelaku Pembunuhan di Teluk Bayur Masih Dilengkapi

Terkait IPAL kata dia saat ini belum ada fisiknya, sebab pengelolaan limbah cair maupun padat tetap dirancang dan didesain sesuai standarnya.

“Melalui safety tank kedap yang tidak terserap ke dalam tanah. Nantinya setelah ada IPAL akan ditarik untuk diolah. Karena keterbatasan anggaran akan dilakukan secara bertahap. Sebenarnya kami berkeinginan semua pembangunan bisa sekaligus dikerjakan,” tuturnya.

“Yang terpenting ketika sudah selesai bisa langsung berfungsi. Mulai dari pendaftaran untuk mendapatkan pengobatan dan pengambilan obat bisa dilakukan,” tambahnya kepada benuanta.co.id

Selain itu, dirinya mengungkapkan pekerjaan pembangunan tersebut memakan waktu selama 145 hari kerja.

“Kami menargetkan pada pertengahan Desember 2023 telah selesai dan dipindahkan,” imbuhnya.

Terkait penambahan tenaga kesehatan, ke depannya akan dianalisis kembali mengenai kebutuhan tenaga kerja di setiap tahun.

Baca Juga :  Lahan Bermasalah, Gedung SD di Pulau Derawan Terancam Ditutup

“Jadi setiap PKM akan melakukan analisis jabatan, rencana kebutuhan tenaga kerja, baru diikuti dengan penambahan tenaga kerja,” tegasnya.

Selain itu, terkait lokasi PKM Kampung Bugis yang terletak di Jalan H. Isa I, Jemmy mengatakan akan dipakai untuk UPT Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Berau, setelah PKM Kampung Bugis pindah ke gedung baru.

“Gedung UPT Labkesda di Jalan Manggis akan dipakai PKM Tanjung Redeb agar lebih luas,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *