Pemkot Mulai Siapkan Festival Iraw Tengkayu 2023, Libatkan Ratusan Penari 

benuanta.co.id, TARAKAN – Festival Iraw Tengkayu pada tahun 2023 akan dirangkaikan dengan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) se Kalimantan pada bulan Oktober mendatang.

Festival Iraw Tengkayu yang akan dilaksanakan dimulai dengan kegiatan pekan budaya pada 1-7 Oktober 2023.Kemudian pada 8 Oktober 2023 merupakan puncak acara pesta budaya yaitu upacara Iraw. 9-10 Oktober 2023 kegiatan Apeksi.

“Kita berharap kepala daerah se-Kalimantan, 9 kepala daerah beserta pengikutnya bisa hadir pada Iraw tanggal 8. Setelah itu besoknya baru kita buka Apeksi-nya,” ujar Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, Senin (4/9/2023) saat di temui benuanta.co.id di salah satu kegiatan yang berlangsung di Swissbell Tarakan.

Baca Juga :  Cuaca Panas dan Berkabut di Kaltara, BMKG: Kelembapan Relatif Rendah

Ia juga berharap Iraw Tengkayu tahun ini dapat dihadiri banyak orang. Kegiatan Iraw akan berlangsung di Pantai Amal seperti tahun-tahun sebelumnya dan untuk kegiatan Apeksi akan di gelar di Gedung Kesenian TCC (Tarakan Convention Center).

“Iraw itu standar budaya nggak bisa diubah, artis memang ada tapi itu bukan bagian dari Iraw itu dimalam hiburan,” terangnya.

Selain itu, sehari sebelum kegiatan puncak, pada 8 Oktober 2023 akan digelar pawai budaya. Kegiatan Iraw ini akan berlangsung seperti tahun-tahun sebelumnya hanya saja pada tahun ini dirangkaikan dengan Apeksi yang akan di hadiri oleh 9 kepala daerah khususnya Kota di seluruh Kalimantan.

Baca Juga :  Persoalan Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Slamet Riyadi Kampung Bugis Butuh "Tangan Besi"

“Malam tanggal 9 kalau tidak salah ada hiburan di Taman Berkampung,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Disbudporapar Kota Tarakan, Zainuddin mengungkapkan, persiapan pelaksanaan Iraw Tengkayu tahun in sudah dirapatkan pada 27 Juli 2023 lalu.

“Tahun ini temanya Festival Iraw Tengkayu dan Pekan Kebudayaan Daerah 2023,” jelasnya.

Zainuddin menambahkan, pada rapat tersebut membahas mengenai pembentukan panitia, pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing seksi, termasuk rencana perekrutan penari.

Baca Juga :  Pemakaman Tertimbun Pasir di Juata Laut Akibat Erosi

“Di seksi festival ada dikoordinasi dinas kami, Disbudporapar, kami sudah rekrut penari dan latihan dimulai minggu ini. Kemungkinan tanggal 7-8 nanti dilaksanakan latihan. Total 150 orang penari, lokasi latihan di SMPN 3,” tukasnya.

Pemusatan Pekan Kebudayaan Daerah nanti digelar di Taman Berlabuh atau area Stadion Datu Adil. Iraw Tengkayu akan dilaksanakan di Kawasan Wisata Ratu Intan atau Pantai Amal.

“Dimulai pukul 14.00 WITA sampai sore. Kemudian malamnya panggung hiburan rakyat di Taman Berkampung,” pungkasnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *