Rusia Tuding Pemenang Hadiah Nobel Dmitry Muratov “Agen Asing”

Ankara – Kementerian Kehakiman Rusia pada Jumat (1/9) menjuluki Dmitry Muratov, yang merupakan pemimpin redaksi surat kabar independen Rusia Novaya Gazeta –sekaligus pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2021, sebagai “agen asing”.

Muratov dituding “menciptakan dan menyebarkan karya yang dihasilkan agen-agen asing dan menggunakan media asing untuk mengembangkan opini,” menurut tulisan di Novaya Gazeta Europe yang diunggah di X –sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

Baca Juga :  Indonesia Kutuk Serang Biadab Israel ke Sekolah di Gaza

Koran itu menyebutkan bahwa opini tersebut ditujukan untuk membentuk sikap negatif terhadap kebijakan dalam dan luar negeri.

Selain Muratov, kata Novaya Gazeta Europe, seorang ahli ekonomi bernama Konstantin Sonin, juga dimasukkan dalam daftar sosok-sosok yang dilabeli “agen asing”.

Soni “tampil di media asing sebagai sebagai narasumber,” kata surat kabar itu dengan mengutip pernyataan Kementerian Kehakiman.

Baca Juga :  Spanyol Desak Negara Barat Tolak Standar Ganda Terkait Gaza

Muratov selama ini kerap melancarkan kritik soal perang Rusia terhadap Ukraina.

Orang-orang yang dinyatakan sebagai “agen asing” akan dikenai berbagai peraturan dan larangan terkait keuangan. Mereka juga tidak akan mendapat hak kerahasiaan pribadi.

Tokoh-tokoh lainnya yang dilabeli “agen asing” oleh Kementerian Kehakiman Rusia termasuk jurnalis Echo of Moscow, Oksana Barsheva, komedian Ruslan Bely, politisi St. Peterseburg Maksim Reznik, dan jurnalist TV Rain, Denis Katev, kata Novaya Gazeta Europe.

Baca Juga :  Rusia 'Tegas' Sangkal 'Tuduhan Serangan' Terhadap Rumah Sakit di Kiev

Sumber: Anadolu / Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *