Peningkatan UMKM di Tarakan, Dilatih Membuat Rendang dari Ikan

benuanta.co.id, TARAKAN – Penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Tarakan mengikuti pelatihan pembuatan rendang dari bahan dasar ikan bertempat di UMKM Center Kota Tarakan pada Selasa, 29 Agustus 2023.

Rendang yang ada dasarnya berasal dari olahan daging, merupakan makanan khas yang berasal dari asal Minangkabau, Sumatra Barat.

Adanya pelatihan pengolahan makanan hasil perikanan menjadi rendang yang berbahan dasar ikan dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan karena mengetahui di Kota Padang rendang dapat diolah dari bahan makanan lain tak hanya daging saja.

Baca Juga :  DPRD Nunukan Desak Pemkab Cari Solusi Masalah Anjloknya Harga Rumput Laut

“Ternyata rendang ini bukan daging saja banyak dari buah-buahan, hasil pertanian seperti singkong dan ubi rambat itu bisa dibuat jadi rendang,” ucap Untung Prayitno, Kepala DKUKMP Kota Tarakan saat ditemui benuanta.co.id pada kegiatan pelatihan pembuatan rendang dari bahan dasar ikan.

Pemilihan ikan sebagai bahan dasar ikan karena Kota Tarakan sendiri merupakan kota yang memiliki hasil perikanan yang melimpah terutama ikan bandeng.

Baca Juga :  50,04 Persen Perempuan Daerah Perdesaan Bekerja Berpendidikan SD

Sedangkan untuk hasil pertanian lainnya akan menyusul seiring berjalannya pembuatan rendang hasil perikanan oleh pelaku UMKM di Kota Tarakan yang saat ini telah mengikuti pelatihan.

“Tentunya nanti akan evaluasi dalam artian kita pendampingan terus sejauh mana perkembangan pelaku UMKM yang ikut pelatihan hari ini,” jelasnya.

“Setelah pelatihan akan kita pantau terus bagaimana kelanjutannya ada kesulitan atau tidak” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Wamendag RI Kunjungan ke Pasar Tenguyun Kota Tarakan 

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2584 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *