Realisasi APBD Kaltara Alami Peningkatan Dibandingkan Semester Pertama 

benuanta.co.id, BULUNGAN – Realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) hingga Agustus 2023 mengalami kenaikan, dibandingkan semester pertama bulan Juni 2023 baru 32 persen.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Provinsi Kaltara, Suriansyah mengatakan realisasi APBD Kaltara kini mencapai 45 persen untuk belanjanya sedangkan realiasi pendapatan sudah mencapai 53 persen.

“Jadi di minggu ketiga bulan Agustus realisasi belanja kita sudah 45 persen dan pendapatannya 53 persen,” sebutnya kepada benuanta.co.id, Selasa, 22 Agustus 2023.

Baca Juga :  DPMPTSP Kaltara Tekan Deflasi Melalui Percepatan Belanja Pemerintah dan Peningkatan Investasi

Melihat angka ini masih terbilang kecil, hanya saja berkaca realisasi tahun 2022, peningkatan realisasi APBD baru akan terlihat di akhir tahun.

Berbeda dengan belanja itu cepat terealisasi karena kegiatan seperti koordinasi, pelatihan dan lainnya telah berjalan diawal tahun anggaran. Sedangkan pekerjaan fisik peningkatan realisasi terlihat di 3 bulan terakhir tahun anggaran.

“Sebenarnya peningkatan baru terlihat itu sekitar bulan sebelas (November) baru habis pekerjaan dan dilakukan pencairan terutama pekerjaan fisik. Karena ada yang dikerjakan sampai 6 bulan atau 7 bulan,” paparnya.

Baca Juga :  Paparkan Kemajuan Kaltara

Dirinya yakin disisa 4 bulan ini realisasi APBD 2023 akan naik lagi, seperti tahun 2022 lalu realisasinya mencapai 90 persen lebih. Targetnya sendiri realisasi diangka 95 persen.

“Bayangan saya itu di angka 95 persen realisasi APBD 2023, biasanya fisik terutama yang dikerjakan oleh Dinas PUPR Perkim seperti gedung kesekretariatan, bangunan gedung DPRD Kaltara dan rumah jabatan Gubernur,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Paparkan Kemajuan Kaltara

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *