Dokter Asal Desa Long Beluah Bulungan dapat Penghargaan Nakes Teladan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Satu Tenaga Kesehatan (Nakes) asal provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional.

dr.Veronika Rati Mulyono, seorang dokter puskesmas asal desa Long Beluah, Kabupaten Bulungan, provinsi Kaltara. Masuk dalam jajaran Penganugerahan Nakes Teladan.

Kapala Seksi Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan, Frenky, yang juga mendampingi pada saat penganugerahan menjelaskan, sebanyak lima tenga kesehatan teladan tingkat provinsi diusulkan ke tingkat pusat, yakni diantaranya dr.Veronika Rati Mulyono, bidan Wiwit Purbaningsih, perawat Beniho, Siti Aisyah Azmi tenaga kefarmasian, Heryanto Saputra tenaga sanitasi lingkungan yang telah diseleksi wawancara via online dan terpilih satu yang lolos dalam nakes teladan.

Baca Juga :  Dokter Terbang Tahun Ini Kembali Jangkau Wilayah DTPK

“Dari lima yang ikut itu cuma satu yang terpilih yaitu dokter Veronika dia adalah dokter umum yang berstatus PNS,” ucapnya, Senin (21/8/2023).

Adapun terpilihnya dokter Veronika sebagai nakes teladan, pada awalnya minimal sudah dua tahun berkerja sebagai nakes di tempat dia bertugas. Ini juga bukan hanya untuk ASN saja melainkan Non ASN juga bisa ikut diusulkan sebagai nakes teladan.

“Yah minimal dua tahun dia bekerja di pusat kesehatan itu bisa diusahakan dalam nakes teladan, kalau yang empat nakes itu tidak terpilih kita juga susah untuk menjelaskan karena pusat yang memilih,” terangnya.

Baca Juga :  Imunisasi Tetes Polio Sasar Anak Usia 0-7 Tahun

Lanjut dari usulkan tersebut nakes tentu membuat suatu inovasi, yang dinilai bagus sehingga dapat terpilih menjadi salah satu nakes teladan. Dalam penganugerahan Mentri kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan langsung penghargaan nakes teladan, yang juga dihadiri oleh menteri dalam negeri.

Frenky juga mengatakan, minat kabupaten kota untuk mengikuti nakes teladan dinilai, kurang. Pasalnya, dari lima kabupaten kota. Hanya Bulungan yang mengirimkan nakesnya.

“Kalau tahun lalu itu ada lima yang terpilih masuk ke nasional, dr. Veronika ini nakes teladan di tahun 2023 asal kabupaten Bulungan,” ucapnya.

Baca Juga :  Imunisasi Tetes Polio Sasar Anak Usia 0-7 Tahun

Ia berharap kepada nakes teladan di tahun berikutnyabisa menjadi pemacu semangat untuk tenaga kesehatan lainnya, bukan hanya dokter, tetapi tenaga kesehatan lainnnya.

Apalagi setelah mendapat informasi penghargaan secara nasional, untuk memicu pelayanan kesehatan pada masyarakat serta kepuasan masyarakat berobat.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *