Inggris Cegat Pesawat Pengebom Rusia Lintasi Skotlandia utara

London – Inggris pada Senin mengatakan pesawat tempurnya mencegat dua pesawat pengebom jarak jauh Rusia yang terbang melintasi utara Skotlandia.

Jet Typhoon Inggris diterbangkan dari RAF Lossiemouth, salah satu dari dua stasiun Peringatan Reaksi Cepat Angkatan Udara Inggris, untuk mencegat pesawat pengebom jarak jauh Rusia Tu-142 yang terbang melintasi Skotlandia utara, menurut pernyataan Kementerian Pertahanan.

Baca Juga :  Kamp Pengungsi di Gaza Tengah Digempur Israel 63 Kali Dalam Sepekan

Insiden itu terjadi Senin pagi setelah pesawat pengebom patroli maritim jarak jauh Rusia transit di utara Kepulauan Shetland di dalam wilayah kepolisian udara utara NATO.

Pesawat patroli maritim Rusia Tu-142 Bear-F dan Tu-142 Bear J, digunakan untuk pengintaian dan perang anti-kapal selam, dipantau oleh Typhoon RAF di wilayah udara internasional saat mereka melewati utara Inggris,” tambah pernyataan itu.

Baca Juga :  Ribuan Pengungsi Palestina di Khan Younis Melarikan Diri dari Serangan

James Heappey, menteri Angkatan Bersenjata, mengatakan kru RAF di Lossiemouth “menjaga pengawasan konstan” atas wilayah udara Inggris.

Sementara itu, Kapal tanker Voyager juga bereaksi cepat dan tetap mengudara selama misi untuk menyediakan pengisian bahan bakar di udara.

“Ketika alarm untuk reaksi cepat berbunyi pada pagi dini hari, adrenalin mulai beraksi,” sebut seorang pilot RAF yang tidak disebutkan namanya dalam pernyataan.

Baca Juga :  Joe Biden Mundur Sebagai Kandidat Demokrat Dalam Pilpres AS

Beberapa saat kemudian, Typhoons dan Voyager kembali ke pangkalan, tambah pernyataan itu.

Sumber: Anadolu / Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2651 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *