Berau Potensi Hujan Ringan Sore Hari Ini

benuanta.co.id, BERAU – Hujan ringan berpotensi turun dalam beberapa hari ke depan di wilayah Berau meski dalam kondisi cuaca masih dilanda El Nino.

Menurut Prakirawan BMKG Berau, Suryadi, berdasarkan pantauan data radar cuaca kemungkinan hujan masih akan tetap turun pada siang hingga malam seiring cuaca panas yang terjadi.

“Tetapi memang debit airnya yang kurang dan waktunya tidak lama,” ujarnya, Senin (14/8/2023).

Baca Juga :  BMKG Berau Sebut Masuk Musim Panas tapi Indikasi Curah Hujan Tinggi

Surya-sapaan akrabnya menjelaskan, akibat adanya fenomena El Nino yang saat ini sedang terjadi, mengakibatkan beberapa wilayah terjadi musibah Karhutla.

“Karena iklim kering yang saat ini terjadi. Kemungkinan terjadinya El Nino ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2023 ini,” ucapnya.

Terjadinya El Nino dikatakannya berawal di Samudra Pasifik, akan tetapi efeknya bisa terjadi hingga ke Indonesia khususnya bagian timur dan tengah termasuk Kalimantan.

Baca Juga :  Kejari Berau Masih Dalami Dua OPD yang Lalai Pakai Anggaran Pemkab

“Karena saat ini sedang memasuki musim kemarau, jika terjadi fenomena El Nino maka wilayah tersebut akan lebih kering dan bisa meningkatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), baik itu secara alami ataupun disengaja,” bebernya.

Tak hanya itu, dijelaskannya bahkan berdasarkan data dari BMKG Kaltim telah mengeluarkan surat edaran terkait peringatan dini cuaca.

Baca Juga :  BPBD Siaga Karhutla Kembali Ancam Berau

“Dari BMKG Kaltim juga sudah mengeluarkan surat edaran terkait dengan peringatan dini cuaca, dan itu meliputi seluruh wilayah di Kaltim,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2591 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *