Kawal Pemilu Serentak 2024, Bawaslu Bulungan Gandeng Berbagai Ormas

benuanta.co.id, BULUNGAN – Kawal jalannya Pemilu Serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bulungan, bakal kerja sama dengan beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Bulungan.

Salah satu Ormas yang akan menjalin kerja sama dengan Bawaslu Bulungan ialah Lembaga Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur – Kalimantan Utara (LPADKT-KU).

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Bulungan, Ahmad,.S.Pi, jika selama ini Bawaslu bergerak sendiri ke Lapangan dalam mengawal berjalannya Pemilu. Maka pada Pemilu Serentak tahun 2024 nanti, pihaknya akan lebih banyak melibatkan ormas sebagai tim pengawal Pemilu, Bawaslu Bulungan.

Baca Juga :  Belum Dilantik Caleg DPR RI Terpilih Rahmawati Mulai Tepati Janji Politiknya 

“Kerja sama ini kita lakukan sebagai bentuk kerja sama kita bersama Ormas dalam menciptakan Pemilu yang adil, jujur, transparan dan demokratis,” kata Ahmad, Rabu 9 Agustus 2023.

Dalam menjalankan peranannya, Ormas akan menjadi mitra Bawaslu dalam menyampaikan hal-hal terkait pelanggaran Pemilu kepada masyarakat, sekaligus menjadi mitra yang mengawal langsung pelanggaran-pelanggaran Pemilu dimasyarakat.

“Selama ini kegiatan Ormas banyak yang melibatkan langsung masyarakat, sehingga kita berpikir agar Ormas yang ada di Bulungan juga dapat menbantu Bawaslu Bulungan,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Demokrat Resmi Usung Pasangan SAH Maju Pilkada KTT 2024

“Baik untuk sosialisasi, mengawasi hingga menjaga ketertiban berjalannya Pemilu. Sehingga selama proses Pemilu berjalan, Bawaslu Bulungan juga lebih terbantu mengawasi pelanggaran Pemilu yang terjadi,” bebernya.

Adanya kerja sama ini juga diharapkan, Ahmad dapat membuat Pemilu Serentak tahun 2024 di Kaltara dapat berjalan damai, kondusif, adil dan jujur serta tidak mencederai demokrasi Indonesia.

“Ormas dan tokoh masyarakat memiliki peranan yang besar dimasyarakat, sehingga kita juga ingin mereka bisa terlibat langsung dalam mengawal Pemilu, agar Pemilu kita dapat berjalan aman,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Final, Airlangga Hartarto Serahkan SK Partai Golkar ke Zainal-Ingkong

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2651 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *