Perjuangkan Pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman, Wabup Temui Sekprov Kaltim

benuanta.co.id, BERAU – Pembangunan Dermaga Teluk Sulaiman di Kecamatan Biduk Biduk yang dikerjakan sejak tahun 2020 lalu masih belum tuntas 100 persen.

Diketahui, pembangunan tersebut butuh anggaran kurang lebih Rp 25 miliar untuk menuntaskan pembangunan sisi laut maupun sisi darat.

Selain itu, Pemkab Berau berupaya menyelesaikan pembangunan dermaga diujung pesisir selatan Bumi Batiwakkal.

Sebagai upaya memperjuangkan anggaran lanjutan pembangunan dermaga, Wakil Bupati Berau, Gamalis bersama Kepala Dinas Perhubungan Berau, Andi Marawangeng, bertemu Sekretaris Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, di Samarinda

Baca Juga :  Bupati Berau Resmikan Balai Adat Amin Adet Pelencau Apui

“Kami berupaya agar Berau mendapat tambahan bantuan keuangan (Bankeu) untuk menuntas dermaga yang menjadi urat nadi perekonomian masyarakat pesisir dan juga pintu gerbang ke destinasi pariwisata Pulau Kaniungan tersebut,” ungkapnya, Rabu (9/8/2023).

Usai pertemuan, Wabup Gamalis, menjelaskan pembangunan dermaga Teluk Sulaiman telah dikerjakan tahap pertama dengan anggaran kurang lebih Rp 11,7 miliar

“Dan dilanjutkan tahap kedua pada 2021 lalu dengan anggaran sekitar Rp 19 miliar, dari total kebutuhan anggaran Rp 55 miliar,” ujarnya.

Untuk itu, kata dia Pemkab Berau berupaya agar dermaga ini dapat kembali dilanjutkan dengan skema anggaran yang perlu mendapat dukungan dari Pemprov Kaltim.

Baca Juga :  Bupati Berau Apresiasi Mubes Ke 5 Dayak Kenyah Lepoq Jalan Kaltim-Kaltara

“Masih dibutuhkan kurang lebih Rp 25 miliar untuk bisa tuntas keseluruhan. Ini yang kita berharap bisa mendapat dukungan anggaran dari provinsi,” ucapnya.

Sebelumnya Wabup Gamalis, telah meninjau langsung  kondisi Dermaga Teluk Sulaiman yang telah dimanfaatkan masyarakat meskipun belum rampung.

“Memiliki laut terdalam, dermaga ini juga menjadi persinggahan kapal yang melintas di selat Makassar,” bebernya.

Sehingga dermaga yang menjadi akses utama distribusi logistik di pesisir selatan Berau ini harus dioptimalkan.

Baca Juga :  Bupati Berau Beri Bansos ke 125 Orang di Kelurahan Bugis

“Selain itu keberadaan dermaga tentu menjadi pelengkap infrastruktur dalam mendorong pertumbuhan pariwisata di Kalimantan Timur, khususnya di Kabupaten Berau. Dan Dermaga ini menjadi bagian penting karena menjadi penggerak ekonomi di pesisir Berau. Kita akan upayakan bisa dituntaskan pembangunannya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *