Ekonomi dan Keuangan Syariah Sumber Pertumbuhan Perekonomian Baru di Kaltara

benuanta.co.id, NUNUKAN – Pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah berpotensi besar menjadi sumber pertumbuhan baru yang makin memperkuat ketahanan ekonomi di Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Presiden (Wapres) RI, K.H. Ma’ruf Amin saat menyaksikan Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kaltara pada 3 Agustus 2023.

“Saya mendapat laporan bahwa Pemprov Kaltara bersama pemangku kepentingan terkait telah menginisiasi sejumlah program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” kata K.H. Ma’ruf Amin.

Baca Juga :  Hendak Kerja Tanpa Visa, Pria Ini Gagal ke Malaysia  

Dia juga menyebutkan program pelatihan Sistem Jaminan Halal bagi UMKM sebagai bentuk komitmen kerja sama percepatan sertifikasi halal antara pemerintah provinsi dan BPJPH.

Wilayah Sebatik telah menjadi salah satu lokasi pemberdayaan usaha syariah di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar) yang dilakukan di Pondok Pesantren.

“Momentum pengukuhan KDEKS Provinsi Kaltara harus menjadi pemacu semangat, untuk terus menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat yang dilandasi tuntunan syariah,” pintanya.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang mengatakan, bahwa KDEKS Provinsi Kaltara merupakan sebuah tanggung jawab yang tinggi dan amanah yang mulia.

Baca Juga :  Geruduk Kantor Dewan, Suarakan Harga Rumput Laut Anjlok 

“Dengan kehadiran KDEKS di Kaltara agar dapat bersinergi dengan pemerintah untuk mendukung penguatan ekonomi syariah di Bumi Benuanta,” ungkapnya.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang meminta KDEKS agar dapat terus mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan sumber daya ekonomi berbasis syariah di Kaltara. “Ciptakan sumber pertumbuhan ekonomi baru yang akan menjadi penggerak perekonomian masyarakat,” ajaknya.

Sedangkan yang baru saja di lantik agar segera menjalankan peran strategisnya dengan baik dan dapat memberikan manfaat melalui sinergitas antara komite nasional dan daerah, dan juga harus memanfaatkan teknologi dan digitalisasi untuk menunjang kegiatan-kegiatan UMKM dalam menghasilkan produk-produk syariah yang lebih baik dan berkualitas.(*)

Baca Juga :  Sola BBM Asal Malaysia, Kuota untuk Nunukan Masih Mencukupi

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2584 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *