Pentingnya Melestarikan Cagar Budaya, Bagian Kekayaan Budaya

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara Achmad Djufrie, telah memberikan sosialisasi terkait rancangan peraturan daerah tentang pelestarian dan pengelolaan cagar budaya.

Di tengah pesatnya perkembangan zaman saat ini, penting bagi dia. Untuk tetap mengenang dan merawat warisan leluhur yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas dan sejarah.

“Ya cagar budaya merupakan peninggalan berharga yang mencerminkan peradaban dan kebudayaan nenek moyang kita,” katanya, Kamis (3/8/2023).

Oleh karena itu, pemerintah daerah memandang pentingnya untuk melakukan sosialisasi terhadap rancangan peraturan daerah ini bertujuan untuk menyebarkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menjaga cagar budaya, baik bagi generasi sekarang maupun yang akan datang.

Baca Juga :  Pertumbuhan Ekonomi Meningkat, Pemprov Kaltara Upayakan Pengembangan dan Penguatan

“Dengan sosialisasi yang kami berikan diharapkan masyarakat dapat lebih menyadari pentingnya melestarikan cagar budaya sebagai bagian dari kekayaan budaya bangsa. Sosialisasi ini juga diarahkan untuk mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya pelestarian, mulai dari penerapan peraturan hingga upaya konservasi dan restorasi,” jelasnya lagi pada Benuanta.co.id,

Melalui kegiatan sosialisasi yang sudah diberikan, masyarakat diajak untuk memahami regulasi yang berlaku terkait cagar budaya, seperti perlindungan terhadap situs-situs bersejarah, bangunan berarsitektur khas, benda-benda pusaka, dan tradisi-tradisi adat yang merupakan warisan nenek moyang yang harus dijaga dan dilestarikan.

Baca Juga :  Minta Pemprov Kaltara Laksanakan Masukan dari Fraksi

Partisipasi aktif masyarakat dalam pelestarian cagar budaya juga diupayakan melalui kegiatan edukatif, seminar, lokakarya, dan pameran. Selain itu, penerbitan materi edukatif seperti brosur, buku, dan kampanye di media sosial juga dilakukan untuk menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat.

“Sosialisasi yang diberikan tentunya bukan sekadar upaya memberikan informasi, tetapi juga menciptakan kesadaran kolektif tentang tanggung jawab bersama dalam menjaga warisan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita,” ucapnya.

Baca Juga :  Disetujui Bersama, DPRD Sebut APBD-P 2023 Kaltara Bertambah

Dengan bersama-sama menghargai dan melestarikan cagar budaya, kita dapat menjaga jati diri dan identitas budaya kita sebagai bagian dari peradaban yang berkelanjutan.(*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *