8 Hektare Lahan di Kawasan Kampung Tumbit Terbakar

benuanta.co.id, BERAU – Kebakaran hutan dan lahan di Bumi Batiwakkal kembali membara di lahan kawasan Kampung Tumbit, Kecamatan Tumbit Melayu.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator Lapangan Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Berau, Agus Harianto lahan yang terbakar di Tumbit Sari itu berstatus milik masyarakat.

“Api muncul pertama kali sekitar pukul 13.00 Wita. Belum diketahui apa penyebab api muncul, dan seluas 8 Hektare lahan terbakar di sini,” ungkapnya Selasa (1/8/2023).

Dia menuturkan, saat ini pihaknya menerima laporan, posko labanan langsung berkoordinasi dengan posko induk untuk menurunkan satu unit damkar dan personel guna membantu proses pemadaman.

Baca Juga :  Telaga Biru Kembali Dibuka untuk Umum

“Kami meminta bantuan dari posko induk karena minimnya personel di posko labanan,” ujarnya.

Dipaparkannya, jajaran BPBD Berau kini menurunkan dua unit damkar dan tujuh personel untuk menjinakkan kobaran api di atas lahan tersebut.

“Kami berhasil memadamkan api dalam kurun waktu sekitar enam jam, karena lahan yang terbakar memang cukup luas,” ucapnya.

Baca Juga :  Punya Kebun Cokelat Sejak 2002 dan Dapat Pembinaan Penuh dari PT Berau Coal

Tak hanya itu, dirinya menjelaskan kendala yang dialami saat proses pemadaman yakni sulitnya medan.

“Sebab, titik api berada di perbukitan, sehingga unit damkar tidak dapat mendekat.

Kami memakai 10 roll selang dengan jarak 200 meter dari mobil damkar. Jika tidak gerak cepat, kami khawatir api melahap rumah warga,” bebernya.

Kendati demikian Agus Harianto mengatakan dalam proses pemadaman juga dibantu oleh beberapa pihak terkait, yaitu TNI Polri dan masyarakat sekitar.

Baca Juga :  DPRD Berau Gelar RDP Rencana Relokasi Pertambangan Pasir 

“Kami harap damkar bisa menjadi OPD sendiri, karena saat ini kami tidak hanya menangani kebakaran lahan dan pemukiman, melainkan juga penyelamatan. Semoga ini menjadi perhatian, karena kami sangat minim personel serta operasional,” pungkasnya. (*) 

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *