SOA Jalur Perairan Dianggarkan Rp 800 Juta

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tahun 2023 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) kembali mengucurkan anggaran untuk pelaksanaan program subsidi ongkos angkut (SOA) penumpang jalur perairan.

Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara Andi Nasuha mengatakan, sejauh ini Subsidi Ongkos Angkut (SOA) perairan masih dipegang oleh Dishub Kaltara.

Di mana pihaknya terus mengalokasikan anggaran untuk mengakomodir wilayah-wilayah perbatasan dan pedalaman yang ada di Kaltara.

Baca Juga :  Kabut Asap Kiriman dari Kalsel, Kalteng, Kalbar dan Kaltim

“Tahun ini belum saya cek, apakah sudah berjalan atau belum. Yang jelas berproses,” ungkapnya, Jumat (27/7).

SOA perairan sendiri dianggarkan sebesar Rp 800 juta. Dengan jumlah trayek sebanyak enam trayek. Diantaranya dari Mansalong ke Labang, hingga Lumbis Ogong.

“Yang jelas ada enam trayek. Namun saya belum mengecek sejauh mana progresnya,” katanya.

Baca Juga :  Yansen TP Minta PDL Kaltara Jaga Disiplin Organisasi

Lanjut Andi, progresnya akan dilakukan pengecekan. Seperti apa kondisi di lapangan serta bagaimana program itu berjalan namun diharapkan bisa selesai hingga Desember 2023 ini. Sebab, pelayanan di wilayah perbatasan, jika melihat jumlah anggaran, tidak akan bisa dikejar hingga berakhir Desember.

“Kalau anggaran tidak mencukupi, kita bisa usahakan di anggaran perubahan tapi Insha Allah kita cukupkan sampai Desember 2023 ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Rachmawati Zainal, Serahkan Bansos ke Korban Terdampak Banjir Malinau

Ia menyebutkan, sekali jalan seperti tahun 2022 lalu untuk satu rute kuantitas penerbangan sebanyak 19 kali. Anggaran sudah pasti dimaksimalkan. Tahun ini skema yang sama juga digunakan.

“SOA itu  untuk orang, tapi kalau ada barangnya tidak boleh terlalu banyak. Karena kalau banyak barang, bisa berdampak pada jumlah penumpang,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *