Evaluasi Ops Patuh Kayan 2023, Satlantas Polres Tarakan Terbitkan 60 Surat Tilang

benuanta.co.id, TARAKAN – Evaluasi Operasi Patuh Kayan 2023 di Kota Tarakan didominasi pelanggaran pengendara anak di bawah umur. Tercatat dari hasil tilang manual yang digalakkan Satlantas Polres Tarakan terdapat 60 penilangan sejak Januari hingga Juli 2023.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona melalui Kasat Lantas IPTU Gisca Yashella mengungkapkan pada 2023 ini penindakan lebih banyak lantaran penilangan baru diperbolehkan di tahun ini.

“Kalau tahun sebelumnya kan tidak ada tilang manual. Di tahun lalu data tilang 59 sepanjang 2022. Di tahun ini di bulan Juli saja sudah 60 data tilang,” ungkapnya, Selasa (25/7/2023).

Baca Juga :  Tarakan Book Party Ajak Pemuda Rajin Membaca hingga Berdiskusi

Bagi pengendara yang melanggar pun langsung dikenakan tilang. Menurutnya, upaya preventif seperti sosialisasi sudah cukup dilakukan jauh sebelum Ops Patuh diterapkan. Pun dengan pelanggaran lain seperti knalpot brong dan balap liar juga diberikan tindakan yang sama.

“Kita amankan juga. Sejauh ini selama ada knalpot brong kita tahan kalau tidak ganti knalpot di tempat kita tidak akan lepas. Ini kan juga atensi dari Kapolres,” tutur Kasat Lantas.

Tak hanya data tilang, data laka pada Ops Patuh Kayan juga mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya sebanyak 2 kejadian kecelakaan, namun di tahun ini sebanyak 6 kejadian laka. Hal inipun menjadi evaluasi pihaknya, lantaran diakui Gisca kegiatan selama Ops Patuh Kayan kurang menyentuh ke masyarakat.

Baca Juga :  KPU Sebut Paslon di Pilwali Tarakan Memenuhi Syarat Kesehatan

“Ini menjadi evaluasi ke depan. Karena ke depan masih ada operasi-operasi selanjutnya,” sebutnya.

Adapun lokasi yang rawan terjadinya laka yakni di Jalan Aki Balak tepatnya di depan landasan pesawat Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan. Mengingat lokasi tersebut minim penerangan dan terbentur dengan aturan pihak Bandara. Diketahui, sepanjang Juli 2023 tercatat sebanyak 3 kejadian laka yang menabrak median jalan di depan landasan Bandara Juwata.

Dilanjutkan perwira balok dua itu, upaya yang dilakukannya ialah memasang rambu peringatan. Namun yang ada rambu tersebut rusak lantaran ditabrak oleh pengendara.

Baca Juga :  66 Kasus HIV Ditemukan di Tarakan, 26 Diantaranya dari Homoseks

“Kita sudah koordinasi juga untuk pemasangan PJU di situ. Baik dari PUPR, Dishub. Cuma dari pihak Bandara memang tidak bisa dikarenakan radiasi saat pesawat landing,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Nicky Saputra

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
855 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *