Dispar Siapkan Festival Adat dan Budaya di Kabupaten Kota di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Tahun 2023 ini Dinas Pariwisata (Dispar) akan fokus melakukan perencanaan terhadap persiapan festival adat dan budaya Irau yang akan berlangsung di beberapa daerah yang ada di Provinsi Kaltara.

Kepala Dispar Provinsi Kaltara, Njau Anau menjelaskan pada akhir tahun nanti akan ada sejumlah agenda besar yang harus dipersiapkan oleh Dispar Kaltara. Seperti pesta adat besar dan budaya irau yang akan berlangsung dalam waktu yang hampir bersamaan.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

“Hal ini masih kita rapatkan sebagai awal persiapan kita sekaligus untuk melihat pihak-pihak mana saja yang nantinya akan jadi panitia kegiatan,” kata Njau Anau pada Senin, 24 Juli 2023.

Ia menambahkan beberapa persiapan yang harus disiapkan oleh Dispar kabupaten dan kota bersama panitia kegiatan, ialah hal-hal yang berkaitan dengan lokasi serta pemetaan untuk pelaku UMKM yang akan berjualan.

“Kita maunya pada pemetaan nanti dapat tersusun dengan bagus, di mana ada stand khusus pelaku UMKM biasa dan pelaku UMKM kerajinan lokal serta stand untuk promosi wisata yang disertai dengan akses jalan dan akses parkir kendaraan, sehingga pengunjung yang datang juga akan merasa nyaman,” terangnya.

Baca Juga :  Akses Jalan Pengaruhi Tingkat Kunjungan Wisatawan

Sedangkan untuk persiapan sejauh ini, diakui Njau baru sekadar pembasahan untuk persiapan awal menuju kegiatan, sambil menyiapkan langkah promosi yang tepat agar festival adat besar dan kebudataan Irau ramai dikunjungi oleh wisatawan luar daerah.

“Kita belum dapat sebutkan sejauh mana persiapannya, karena inikah masih awal. Apalagi kegiatan juga masih lama sekitar Bulan Oktober-November nanti. Sehingga kita tunggu saja nanti kelanjutannya,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2637 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *