Patroli Keberisihan Bakal Digalakan di Jalan Protokol Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Smart city atau di kenal kota pintar akan terbentuk jika masyarakat memiliki sumber daya yang berkualitas. Dalam hal ini, masyarakat perlu memiliki kesadadaran dalam menjaga keindahan dan kebersihan kota.

Kepala Bidang (Kabid) Penegelolaan Sampah dan LB3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tarakan, Edhy Pujianto menjelaskan jika tim pemburu sampah telah turun tangan guna membersihkan sampah yang berserakan di sepanjang Jalan Aki Balak.

Ke depannya, pihaknya akan menurunkan tim patroli atau tim pengawas yang bekerjasama dengan Kelurahan Karang Anyar maupun RT untuk mengawasi serta akan memasang plang atau tanda larangan membuang sampah di area tersebut.

Baca Juga :  Dinsos Tarakan Kucurkan Rp 10,2 Miliar Bayar Iuran BPJS Kesehatan untuk Masyarakat Kurang Mampu

‘’Untuk penanganan temporer kami telah kerahkan tim hunting,’’ ucap Edhy melalui pesan singkat pada Kamis (20/7/2023).

Edhy juga berharap agar masyarakat turut membantu dalam mensukseskan program sampah semesta. Sebelum membuang sampah warga turut mengelola sampah, memilah sampah, mengkomposkan sampah organic, serta membatasi sampah, khususnya sampah plastik sekali pakai.

Berita sebelumnya : 

Terdapat mekanisme sanksi sesuai dalam Peraturan Daerah No 5 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah. Dalam penerapan hukum sangat bisa diterapkan terutama bagi warga yang tidak pernah mengindahkan peraturan tersebut.

Baca Juga :  DPMPTSP Targetkan Investasi di Tarakan Capai Rp 13 Triliun Tahun Ini

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan patroli secara masif dengan menyisir se Kota Tarakan untuk berfokus terhadap sejumlah area yang memerlukan perhatian khusus. Seperti jalan protokol maupun area pemukiman yang terdapat tumpukan sampah di luar area transfer depo, dan Tempat Penampungan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R).

Edhy menambahkan, masyarakat bisa melaporkan pelaku pembuangan sampah dengan cara mevideokan pelaku tersebut. Nantinya pihaknya akan menyampaikan laporan masyarakat kepada pihak Satpol PP agar pelaku tersebur dapat ditindak.

Baca Juga :  Pemkot Beri Seminggu untuk Kosongkan THM bagi Tenant yang Tidak Menyewa

Guna memecah permasalahan tersebut, pihaknya berharap turut serta partisipasi warga dengan cara menegur maupun mengingatkan agar para pelaku tidak kembali membuang sampah di lokasi tersebut.

‘’Media sangat berperan dalam sosialisasi dan penyadaran warga,’’ tutupnya. (*)

Reporter: Okta Balang

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2657 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *