Pemprov Kaltara Bakal Bangun Perumahan Elit untuk ASN di KBM

benuanta.co.id, Bulungan – Pengembangan pusat pemerintahan Kota Baru Mandiri (KBM) terus diseriusi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Setelah adanya pembangunan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara dan kantor TVRI Kaltara.

Tidak lama lagi di KBM juga akan dibangun perumahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di lingkungan Pemprov Kaltara. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim) Provinsi Kaltara, Ir. Helmi menjelaskan rencana pembangunan perumahan ASN ini dilakukan di tahun 2024.

“Jadi, peletakan batu pertama pembangunan perumahan ASN ini kita lakukan di awal tahun 2024,” ucap Helmi.

Berbeda dengan perumahan lainnya yang kebanyakan dibangun oleh pihak swasta, pembangunan rumah ASN ini nantinya ditangani oleh pihak koperasi sehingga lebih mudah.

“Perumahan ini hanya dikhususkan bagi ASN Kaltara, sementara yang lain seperti PNS kabupaten kota tidak bisa begitu juga dengan pegawai tidak tetap (PTT),” jelasnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda Litbang Kaltara ini menjelaskan, lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan perumahan ASN ini sekitar 42 hektare.

“Lahannya sudah ada, lagi dilakukan pematangan dengan luasan 42 hektare,” sebutnya.

Dia menuturkan perumahan ASN ini akan dilengkapi berbagai sarana hingga nantinya perumahan tersebut menjadi kawasan yang elit, di antaranya fasilitas olahraga, pasar, sekolah hingga rumah ibadah.

“Kita rancang dengan sistem kota satelit. Perorangnya nanti mendapatkan lahan 10 kali 16 meter dengan harga kisaran Rp 100 sampai 200 juta,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2584 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *