Kembangkan Sektor Wisata, Dispar Kaltara Perkuat Kerja Sama dengan Kemenparekraf

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kuatkan sektor ekonomi kreatif daerah melalui sektor kepariwisataan, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bakal perkuat kerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Dispar Kaltara Njau Anau mengungkapkan, jalinan kerja sama antar Dispar Kaltara bersama dengan Kemenparekraf RI, sebenarnya sudah lama dilakukan. Seperti kerja sama pengembangan SDM lokal, pengempangan pengelolaan produk lokal hingga promosi pariwisata.

Namun untuk dapat memajukan sektor pariwisata Kaltara agar dapat menjadi ikon Nasional, Dispar Kaltara pun berencana akan memperkuat kerja sama, agar Kemenparekraf RI dapat memperbanyak kegiatan di Kaltara.

Baca Juga :  Akses Jalan Pengaruhi Tingkat Kunjungan Wisatawan

“Pelatihan pengempangan Pariwisata yang kita lakukan beberapa waktu yang lalu itu, juga merupakan hasil kerja sama kita dengan Kemenparekraf dan tentu hal ini sangat membantu kita,” Kata Njau Anau pada Selasa, 18 Juli 2023.

Adanya kerja sama dengan Kemenparekraf RI ini, diakui oleh Njau Anau sangat membantu Dispar Kaltara dalam melakukan kegiatan pelatihan ataupun pengembangan sektor Wisata. Pasalnya, dari sekian banyak kegiatan kepariwisataan semuanya mengandalkan APBN dari Kemenparekraf RI.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

“Tentunya hal ini sangat membantu beban anggaran kita di Dinas, karena hampir semuanya ditanggung oleh Kemenparekraf,” lanjutnya lagi.

“Meski saat ini kegiatan yang dilakukan juga masih sangat terbatas yakni hanya satu kegiatan yang sama dalam satu tahun, namun Njau akui hal itu sangat memberikan dampak yang luar biasa, bagi perkembangan wisata di Kaltara,” jelasnya.

Dari kerja sama yang dilakukan oleh Dispar Kaltara bersama Kemenparektaf RI ini, juga Njau Anau berharap agar Kemenparekraf dapat memperbanyak kegiatan di Kaltara, khususnya dalam pengembangan SDM dalam mengelola destinasi wisata.

Baca Juga :  Dispar Ingin Situs Cagar Budaya Jadi Pusat Pendidikan dan Warisan Sejarah Kaltara

“Itu harapan kita, seperti kegiatan pelatihan hanya sekali setahun kita lakukan termasuk kegiatan yang lain. Oleh karena itu, kita ingin ke depannya kegiatan-kegiatan Kementerian ini bisa berjalan beberapa kali dalam satu tahun,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2635 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *