Bupati Harap Dinas Pangan Bekerja Maksimal Wujudkan Ketahanan Pangan di Bumi Batiwakkal

benuanta.co.id, Berau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pangan mengadakan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Berau Tahun 2023 mengadakan festival pangan lokal yang mengusung tema “Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumberdaya Pangan Lokal” di Ruang RPJMD Bapelitbang.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas mengatakan mewakili Pemkab Berau dirinya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan festival Pangan ini dalam rangka edukasi penganekaragaman konsumsi pangan yang sehat dan bergizi bagi masyarakat.

“Yang kita harapkan dapat mencegah terjadinya kasus stunting maupun penyakit yang berkaitan dengan kelebihan atau kekurangan gizi,” ungkapnya Rabu (12/7/2023).

Lanjutnya, Sri mengajak kepada semua pihak untuk ikut meramaikan kegiatan festival ini sebagai cara dukung masyarakat yang sehat dan cerdas.

Baca Juga :  3 Kandidat Calon Sekkab Berau, Harus Bisa Jalin Komunikasi dengan DPRD

“Mari bersama-sama kita optimalkan seluruh potensi pangan lokal yang ada seperti jagung, sukun, pisang, singkong, dan ubi jalar. Yang mana, ragam pangan ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh, namun juga mudah ditemukan di sekitar kita,” ucapnya.

Sri Juniarsih Mas mengimbau kepada para pengurus PKK bersama organisasi kewanitaan di berbagai tingakatan, agar dapat memotivasi keluarga dan masyarakat dalam mengonsumsi makanan sehat.

“Sesuai pola pangan harapan dan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Wakil Bupati Berau Minta 3 OPD Kebut Kegiatan Sebelum Akhir 2023

Ia menilai karena tidak dapat dimungkiri, sosok wanita adalah sosok yang paling dekat dengan urusan gizi keluarga.

“Untuk itu, mulailah dari keluarga dan sinergikan program organisasi dengan pemerintah,” jelasnya.

Sehingga ia juga sangat mengharapkan peran aktif dari para kepala satuan perangkat daerah, para camat dan pihak-pihak yang terkait dengan pengelolaan pangan.

“Supaya ke depan senantiasa melakukan upaya-upaya maksimal untuk menjamin ketahanan pangan di Kabupaten Berau,” tegasnya.

Baik yang berkaitan dengan produksi, ketersediaan, distribusi, konsumsi dan keamanan pangan, serta dalam menyikapi setiap perkembangan yang terjadi.

“Untuk memaksimalkan ketahanan pangan tentunya kita harus bekerjasama dengan semua pihak,” kata Sri Juniarsih Mas.

Baca Juga :  Akmal Malik Resmi Penjabat Gubernur Kaltim, Bupati Berau Ajak Kolaborasi

Selain itu, dirinya mengungkapkan bahwa Kabupaten Berau adalah salah satu wilayah penyangga pangan bagi IKN dengan sentra-sentra komoditas pangan yang miliki.

“Sehingga, Kabupaten Berau semestinya bukan hanya berfokus pada pemenuhan pangan masyarakat, tetapi juga melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan produksi pangan,” bebernya.

Maka dalam mewujudkan kecukupan pangan dengan harga terjangkau, dia harap memudahkan akses pangan dan distribusi pangan ke daerah lain harus maksimal.

“Hingga peningkatan kualitas dan daya saing komoditas pangan sebagai sumber kesejahteraan bagi para petani,” pungkasnya. (*)

Reporter : Georgie Silalahi

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *