Wabup Gamalis Tinjau Penyeberangan Alternatif di Dermaga Sanggam

benuanta.co.id, BERAU –  Wakil Bupati Berau Gamalis melakukan peninjauan perkembangan terkini penyeberangan alternatif kendaraan roda dua dan pelajar serta pekerja dalam perbaikan jembatan Sambaliung, Rabu (7/6/2023) pagi.

Berdasarkan pantauan benuanta.co.id, kondisi antrean penyeberangan ramai serta kondusif di Dermaga Sanggam Tanjung Redeb menuju Kecamatan Sambaliung maupun sebaliknya.

Gamalis mengatakan, dari hasil pengecekan tersebut masih ada yang perlu dibenahi yaitu petugas arus lalu lintas supaya tidak terjadi kesalahpahaman komunikasi antara penyeberangan motor dan orang saat naik ke tambangan.

“Namun dalam kurun waktu dua hari ini efek penutupan total jembatan. Dermaga alternatif penyeberangan kendaraan roda dua dan orang dari Tanjung Redeb ke Sambaliung tampak sudah ada penambahan pelampung dan segi keamanan bakal kami tingkatkan lagi,” ungkapnya Rabu (7/6/2023).

Kemudian Gamalis juga mengevaluasi karena masih ada papan pengumuman informasi penyeberangan alternatif khusus kendaraan roda dua dan pelajar serta pekerja belum lengkap pada titik-titik di Dermaga Sanggam.

Baca Juga :  Bupati Berau Apresiasi Koperasi Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

“Sehingga menimbulkan miss komunikasi. Soal ini penyeberangan khusus motor dan ini khusus orang. Tentu akan kami akan lengkapi lagi papan pengumuman tersebut,” ujarnya.

Gamalis juga menilai selama dua hari belakangan ini penyeberangan alternatif kendaraan roda dua dan orang di Dermaga Sanggam Tanjung Redeb menuju Sambaliung pun mulai ramai ada speedboat hingga ketinting turut membantu.

“Di luar kebijakan Pemkab Berau yang sudah kami sediakan itu juga sudah bergerak dan berbayar. Namun ini akan kami kaji terkait penetapan tarif batas rendah dan tinggi,” ucapnya.

Lanjutnya soal ketersediaan pos penjagaan dan pos kebersihan di sekitar penyeberangan alternatif kendaraan roda dua dan orang bakal ditingkatkan.

Baca Juga :  Soal Judol Dapat Bansos, Dinsos Berau: Belum Ada Arahan Pusat

“Apalagi kita lihat sendiri di penyeberangan khusus motor tampak mulai banyak botol-botol minuman mulai berserakan. Kita tidak tahu lagi seminggu lagi seperti apa. Kalau DLHK atau Dinas Kebersihan tidak sesegera turun tangan ya kita harap jangan sampai ada timbul masalah baru,” bebernya.

Termasuk dirinya tengah mengusung bakal menetapkan tarif kantong parkir penyeberangan alternatif kendaraan roda dua dari Jalan Raja Alam 1 Sambaliung dan Jalan Milono tepatnya sekitar kawasan Dermaga Sanggam Tanjung Redeb.

“Ada dua kantong parkir tengah kita sedang rumuskan. Satu di Dermaga Sanggam dan satu di Sambaliung dan kita sedang rumuskan petugas pengamanan parkir,” tuturnya.

Selain itu, Gamalis menjelaskan para pelajar yang bersekolah di Tanjung Redeb hingga kini masih proses koordinasi dengan dinas terkait.

Baca Juga :  590 PPPK Pemkab Berau Ikut Masa Orientasi

“Kita masih koordinasi dengan dinas pendidikan terkait sekolah titipan. Apalagi ini hari sudah pelajar sudah mulai ulangan. Mudah-mudahan dari diknas sudah menetapkan aturan baru tersebut,” imbuhnya.

Termasuk selama aktivitas penyeberangan juga tampak banyak para pekerja perusahaan Gamalis menyarankan jika pihak perusahaan bisa segera sediakan transportasi penyeberangan khusus bagi karyawannya agar bisa lebih cepat.

“Kita harap pihak perusahaan bisa berpartisipasi menyiapkan transportasi penyerangan inisiatif sehingga saat waktu padat bisa sedikit membantu dan jika memang bisa membantu masyarakat umum itu lebih baik lagi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2584 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *