Desa Tana Kuning Ditetapkan Sebagai Desa Wisata Terbaik Versi Adwi 2023

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Usai melalui proses administrasi dan penilaian dalam rangka proses menjadi Desa Wisata Terbaik. Desa Tana Kuning akhirnya berhasil mendapat penghargaan sebagai 75 besar Desa Wisata Terbaik Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2023.

Bahkan penghargaan itu diberikan langsung oleh perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, melalui Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua saat berkunjung ke Desa Tanah Kuning, Tanjung Palas Timur, Bulungan.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1548 votes

Kepala Dinas Pariwisata(Dispar) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Njau Anau pun memberikan apresiasi yang besar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan beserta pengurus swadaya wisata lokal Desa Tana Kuning.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Dorong Produk Kaltara Tembus Pasar Internasional

“Tentunya ini akan menjadi capaian besar kita di tahun 2023 dalam hal kepariwisataan, dan hal ini juga membuat Kaltata memiliki 2 Desa Wisata yang mendapatkan penghargaan Adwi setelah Desa Pulau Sapi Kabupaten Malinau,” kata Njau Anau, pada Jumat 02 Juni 2023.

Dengan adanya penghargaan ini, Njau Anau juga mengharapkan ke depannya Desa Wisata Tana Kuning dapat memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan daerah, khususnya dalam meningkatkan ekonomi lokal.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Dorong Produk Kaltara Tembus Pasar Internasional

“Dengan menjadi Desa Wisata, kita berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi Kabupaten Bulungan, khususnya Desa Tana kuning dalam upaya pengembangan kepariwisataan, serta dapat turut mensukseskan program Kemenparekraf untuk membangun Indonesia serta menggerakkan ekonomi dari desa,” ungkapnya.

Ia menjelaskan Desa Tanah Kuning merupakan salah satu desa yang sangat strategis. Bukan hanya bagi Kabupaten Bulungan dan Kaltara, namun sangat strategis bagi Indonesia. Di mana pada area Desa Tana Kuning terdapat Kawasan Industri Hijau (KIHI) yang telah dicanangkan Presiden Jokowi pada 21 Desember 2021 lalu.

Baca Juga :  Dispar Kaltara Dorong Produk Kaltara Tembus Pasar Internasional

“Makanya saya katakan kalau ke depan Desa Tana Kuning ini akan menjadi prospek yang baik bagi perkembangan ekonomi kita dan hal ini merupakan potensi masa depan bagi kita,” lanjutnya lagi.

“Dan saya kira tidak hanya Desa Tana Kuning saja. Desa-desa lainnya pun memiliki potensi yang sama dan tinggal kita bangun dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *