Hadiri Rakornas Kepegawaian, Ini Instruksi Pusat untuk Pemerintah Daerah

benuanta.co.id, BULUNGAN – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) hadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian tahun 2023 yang diadakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Rakornas Kepegawaian ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin yang dilaksanakan di Kota Bandung, Selasa, 30 Mei 2023.

Plt Kepala BKD Provinsi Kaltara, Firmananur menyebutkan Rakornas Kepegawaian ini ada beberapa hal yang dibahas di antaranya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Penyampaian bapak Wakil Presiden, peningkatan kualitas SDM ASN ini adalah kualitas kepemimpinan ASN di berbagai level,” ucapnya Rabu, 31 Mei 2023.

Lanjutnya, akselerasi kualitas SDM ASN ini dapat dikelola melalui penerapan manajemen talenta untuk memilah dan memilih calon-calon pemimpin di berbagai tingkatan organisasi.

Kata dia, pemerintah daerah diminta untuk memetakan kendala yang dihadapi dalam empat tahun terakhir ini, baik di level nasional maupun daerah, serta di setiap instansi yang beragam ekosistemnya.

“Kita diminta merumuskan langkah-langkah konkret yang bersifat terobosan, utamanya pada aspek regulasi yang sekiranya belum selaras dengan penerapan manajemen talenta di semua tingkatan,” paparnya.

Selanjutnya, para talenta birokrat yang telah dipetakan dan dibina secara khusus agar dibekali dengan visi dan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi, penyalahgunaan kewenangan dan pola hidup sederhana.

“Permintaan bapak Wapres agar kebijakan manajemen talenta nasional juga memperhatikan peran strategis ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa,” terangnya.

Selain itu, para ASN diminta tak hanya berdaya saing, unggul dan andal, tetapi juga cerdas, lincah, dan memiliki empati yang menandakan kecerdasan emosional.

“Jadi, talenta-talenta terbaik ini harus diciptakan secara terukur dari waktu ke waktu, sehingga keberadaannya akan berkesinambungan,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *