Tahun Depan Perwakilan Balai Kementerian PUPR Berkantor di Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR, Darwanto dan Sekretaris Dinas PUPR-Perkin Kaltara Rahmat Wahyullah, berkunjung ke Kawasan Kota Mandiri (KBM) dan melaksanan pemantauan Jalan Pahlawan yang ada di Tanjung Selor guna diusulkan penanganannya ke pemerintah pusat, Rabu (31/5/2023).

Darwanto beserta tim melakukan pemantauan ke lokasi kantor balai Kementerian PUPR yang juga berada di kawasan KBM.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1236 votes

“Perencanaan untuk pembangunan kantor sudah dalam proses tender. Targetnya tahun depan seluruh perwakilan balai Kementerian PUPR di sini (Kaltara), sudah ada kantor sendiri,” ucapnya kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Angka Partisipasi Sekolah Semakin Menurun

Adapun lahan yang telah disiapkan oleh pemprov Kaltara sebanyak 5 hektare yang nantinya akan digunakan balai untuk berpusat di kantor itu.

“Kami memastikan legalitas lahan sebelum tahapan pembangunan. Tahun depan insyaallah semua akan berkantor di Tanjung Selor karena memang selama ini kita untuk kantor balai terpisah-pisah kantor balai jalan di Tanjung Selor, Balai satker dan perumahan ada di Tarakan” katanya.

Baca Juga :  Kaltara Berhasil Turunkan Kemiskinan Ekstrem Menjadi 0,34 Persen

Tak hanya melakukan pemantauan di lokasi KBM, Darwanto juga menyempatkan waktunya untuk memantau kondisi Jalan Pahlawan yang ada di Tanjung Selor, yang juga telah diusulkan penanganannya ke pemerintah pusat.

“Ya seperti yang diketahui ada total 6 ruas jalan daerah yang akan beralih jadi jalan nasional. Yaitu Jalan Aji Iskanda Tarakan (jalan provinsi), Jalan Pahlawan Tanjung Selor (jalan provinsi), Jalan Aki Balak Tarakan (jalan pemkot), Jalan Jend Ahmad Yani Malinau (jalan pemkab), Jalan SP4 Raja Alam-SP4 Raja Pandita Malinau (jalan pemkab), dan Jalan SP4 Raja Pandita-SP4Jbt Malinau (jalan pemkab),” jelasnya saat ditemui.

Baca Juga :  Hujan Ringan Disebabkan MJO Terpantau Aktif di Wilayah Kalimantan

Akan tetapi hal tersebut, masih ada tahapan persetujuan dari menteri sebelum jalan tersebut resmi menjadi tanggung jawab pusat. Setelah peralihan, pihaknya berjanji akan menyiapkan anggaran pemeliharaan, di 6 ruas jalan yang menjadi kewenangan nasional tersebut.

Pihaknya juga memastikan akan mendukung penuh seluruh program pembangunan infrastruktur baik kabupaten/kota dan Pemprov Kaltara.

“Kami siap bersinergi mendukung semua program pemerintah daerah. Balai kami yang merupakan perwakilan Kementerian PUPR, siap mendukung semua kegiatan Pemprov Kaltara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *