Gelar Rakor, Dispar Siap Memajukan Pariwisata Kaltara

benuanta.co.id, Tarakan – Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Utara (Kaltara) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Dinas Pariwisata se-Kaltara yang dimulai pada Selasa, 30 Mei 2023 hingga Jumat, 2 Juni 2023 mendatang.

Rapat yang bertemakan ‘Menuju Pariwisata Kaltara yang Bedaya Saing, Berkelanjutan dan Inklusif’ ini berlangsung di Swiss Bell Hotel Tarakan pada Selasa, 30 Mei 2023 malam. Kepala Dispar Provinsi Kaltara, Njau Anau mengatakan Rakor ini merupakan rapat mengenai masalah sinergi pembangunan pariwisata di Kaltara.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1956 votes

“Selama dua tahun ini tidak pernah ada Rakor, Rakor ini untuk saling memberi informasi perkembangan pariwisata di Kaltara,” kata Njau.

Baca Juga :  Pengembangan Pariwisata Unggulan Daerah Prioritas Dispar Kaltara

Ia juga menuturkan, tentang bagaimana strategi Provinsi mengembangkan pariwisata tentu adanya perubahan tata ruang, rencana induk perkembangan pariwisata dan itu dikomunikasikan dengan Kabupaten dan Kota.

“Terkait dengan sinergi antara perencanaan Provinsi, Pusat, Kabupaten dan Kota terhadap bagaimana memajukan destinasi yang ada di Kaltara,” terangnya.

Lanjutnya, modal dasarnya adalah Kabupaten dan Kota yang memiliki wisata dan Provinsi yang punya unsur pembinaannya. Jadi, ini lebih membangun komunikasi supaya ada sinergi perencanaan dan pelaksanaan dalam memajukan pariwisata Kaltara.

Baca Juga :  Desa Wisata Tana Kuning Tuan Rumah Rakor Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata se Kaltara

Dalam kegiatan ini pun, Dispar juga mengundang narasumber dari Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang diharapkan nantinya dapat membuka wawasan pariwisata di Kaltara.

“Memang kita undang untuk membuka cakrawala kita bagaimana membangun pariwisata Kaltara lebih besar. Konteksnya dari sisi bagaimana rencana induk pariwisata yang tahun ini sedang kita revisi karena sesuai dengan perkembangan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Desa Wisata Tana Kuning Tuan Rumah Rakor Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata se Kaltara

“Supaya kita dalam melangkah tidak salah jadi tahun ini kita revisi, sebenarnya sudah ada di tahun 2019 tetapi hasil kajian kita lihat ada perubahan-perubahan tata ruang itu perlu disesuaikan supaya menjadi dasar atau payung hukum untuk membangun pariwisata di Kaltara,” tutupnya. (*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *