McDonald’s Siap Berlabuh di Tarakan, Starbucks akan Menyusul

benuanta.co.id, TARAKAN – McDonald’s merupakan restoran makanan cepat saji ternama yang rencananya akan berlabuh di Bumi Paguntaka, julukan Tarakan, pada tahun ini.

 

Pembangunan perusahaan makanan yang berasal dari Negara Amerika tersebut digadang akan selesai pada bulan September nanti.

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes mengungkapkan pembangunan McDonald’s sudah dalam proses persiapan project. Pihak McDonald’s saat ini sedang mengajukan penyewaan lahan bangunan.

Baca Juga :  Bimbingan Pengisian Aplikasi Pendataan SIINas Bagi Pelaku Usaha

“Sekarang ini mereka mengajukan penyewaan lahan di sebelah batu akik (Karang Balik) untuk tempat persiapan project dan mungkin juga sekalian parkir,” kata Khairul, Senin (29/5/2023).

Ia juga menyampaikan bangunan yang akan ditempati oleh pihak McDonald’s pun merupakan bangunan permanen hanya tanahnya saja yang menggunakan sistem sewa kepada pihak swasta.

“Sistem tanahnya sewa, termasuk lahan batu akik itu sewa dengan kita. Nanti mereka membayar pajak restoran 10 persen dari omset penjualan,” tuturnya.

Baca Juga :  Harga Rumput Laut Anjlok, Ditawarkan Sistem Resi Gudang jadi Solusi Jangka Pendek

Tak hanya McDonald’s, perusahaan kopi terkenal yang juga berasal dari Amerika Starbucks akan hadir di kota Tarakan. Namun, pengusaha harus mengurus IMB, Amdal alin, UKN dan UPL.

“Tarakan sebagai kota jasa ya harus begitu, karena kota jasa harus ada fasilitasnya,” ungkapnya.

Khairul menyatakan ada 10 mitra yang mau berinvestasi di Kota Tarakan termasuk hotel. Jika ada lahan yang tersedia di tengah Kota bisa saja berkerja sama dengan pihak swasta pihaknya hanya bisa mengundang dan menunjukkan lokasi.

Baca Juga :  Bahlil: Izin TikTok Sebagai Media Sosial dan Bukan Untuk Berjualan

“Kalau cocok ya silahkan. Mudah-mudahan September selesai McDonald’s tapi tergantung manajemen lagi,” tutupnya.(*)

Reporter: Sunny Celine

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *