Pelatihan Manajemen Pemasaran bagi Pelaku UKM di Tana Tidung

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) kembali mengadakan kegiatan pelatihan manajemen pemasaran bagi pelaku UKM angkatan ke II di Kabupaten Tana Tidung.

Kepala Seksi (Kasi) Bina Lembaga Koperasi dan UKM Restrukturisasi dan Pengawasan Ruth Ujang mengatakan kegiatan tersebut telah berlangsung selama 3 hari.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tanggal 25 Mei hingga 27 Mei hari ini dan target peserta ada 35 peserta para pengusaha UKM dari sektor pangan, kerajinan tangan turut berpartisipasi,” ungkapnya, Sabtu (27/5/2023).

Baca Juga :  Kembangkan UMKM Kaltara lewat Sosialisasi Pembiayaan

Selain itu, dijelaskannya selama 3 hari pelaksanaan pelatihan manajemen pemasaran di KTT memiliki materi berbeda-beda.

“Jadi hari pertama itu ada materi dari DPMPTSP untuk pengurusan NIB. Lalu hari ke dua ada dari materi pengetahuan dari Biro Pengadaan untuk pengajuan E-katalog lalu hari ke 3 ada materi dari perpajakan,” bebernya.

Tak hanya itu, pihaknya berharap kepada 35 peserta para pengusaha UKM di KTT tersebut makin paham tentang manajemen pemasaran.

Baca Juga :  Disperindagkop Kaltara Lakukan Pengawasan Barang Elektronik di Seluruh Kaltara

“Dan mereka bisa menerapkan pelayanan pemasaran makin terkini cara marketing mereka,” ujarnya.

Termasuk selama berlangsungnya kegiatan pelatihan manajemen pemasaran di KTT, Disperindagkop Kaltara menerima pembukaan pengajuan Nomor Induk Berusaha (NIB).

“Kepada para UKM dari KTT. Kemudian ada juga dari tim perpajakan. Kehadiran tim perpajakan untuk memberikan pemahaman pengetahuan tentang pajak apa saja yang menjadi kewajiban pelaku UKM harus penuhi,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :  Tim PDN Lakukan Pengawasan Produk SNI di Kaltara

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *