Pemkab Berau Optimis Pembayaran Non Tunai Makin Transparan 

benuanta.co.id, BERAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau optimis pada tahun ini sistem pembayaran secara digital atau non tunai bisa makin transparan serta akuntabel dalam melaksanakan program pembangunan.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Berau Sri Juniarsih saat menghadiri acara Partnership Gathering Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-kabupaten Berau bersama BPD Bankkaltimtara Tanjung Redeb di Hotel Bumi Segah Rabu (24/5/2023) siang.

“Ya tentu kegiatan ini mencerminkan komitmen kita dalam mengimplementasikan transaksi non tunai pada perangkat pemerintahan kabupaten Berau,” ungkapnya Rabu (24/5/2023).

Sebab, hal ini menurutnya Pemkab Berau berkesinambungan memiliki komitmen tinggi untuk bisa menerapkan pemanfaatan layanan digitalisasi kepada masyarakat.

“Termasuk pada sektor transaksi ekonomi. Kami juga telah membentuk tim percepatan dan perluasan digital daerah pada pertengahan 2021 yang lalu dan melakukan E-PTD seluruh RPJ melakukan kesepakatan bersama antara Bapenda dengan BPD Bankkaltimtara mengenai transaksi pajak dan retribusi daerah melalui berbasis online,” ucapnya.

Menurutnya dengan Pemkab Berau telah menerapkan E-PTD tersebut diharapkan bisa memperbaiki pengelolaan keuangan pemerintah kabupaten Berau menjadi lebih efisien.

“Transparan serta akuntabel yang pada akhirnya dapat meningkatkan peningkatan asli daerah. Hal ini sebagaimana cita-cita pemerintah kabupaten Berau meningkat tata pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan melalui sumber daya manusia yang profesional berbasis digital teknologi,” ujarnya.

Apalagi dijelaskannya peran Kabupaten Berau pada masa mendatang menjadi penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam Paser Utara.

“Sehingga digitalisasi tentunya menjadi hal sangat penting untuk kita dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Berau serta berkontribusi penuh untuk provinsi Kalimantan Timur,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *