Ketua DPRD Malinau Ingin Program Pelatihan Dimanfaatkan Petani Lokal

benuanta.co.id, MALINAU – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malinau Ping Ding, melakukan panen perdana padi hasil penangkar benih di Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat.

Ini merupakan penen perdana dari dari hasil penangkar benih yang dilakukan para kelompok tani Desa Tanjung Lapang.

“Petani kita di Malinau sudah semakin maju dan mandiri, karena sudah bisa mengelolah hasil tani dari proses menanam, menjual hingga penentuan kualitas padi sudah bisa dilakukan secara mandiri,” kata Ping Ding pada Rabu, 24 Mei 2023.

Dalam kesempatan itu, ia juga melakukan dialog dengan para petani dan sejumlah tenaga penyuluh pertanian untuk mendengarkan beberapa persoalan dan masukan. Tujuannya agar meningkatkan pembangunan sektor pertanian khususnya peningkatan kapasitas produksi padi di Kabupaten Malinau.

“Yang paham betul dengan kondisi pertanian di Malinau adalah petani itu sendiri, sehingga kita juga harus tau persoalan yang mereka hadapi saat ini,” terangnya.

“Makanya aspirasi-aspirasi inilah yang menjadi acuan kita di DPRD untuk membantu para petani melalui program daerah,” lanjutnya.

Ia menambahkan, inovasi dan kreativitas terlebih di sektor pertanian sangat diperlukan. Namun, harus tetap disesuaikan dengan situasi dan kebutuhan yang ada di setiap ahan. Oleh karena itu dengan adanya pelatihan yang dilakukan sebelumnya di luar daerah, para petani dipastikan sudah dapat mengerjakan dan mengelola terkait mekanisme pembibitan tersebut.

“Program pelatihan petani inilah yang saat ini kita gencarkan, agar hasil produksi pertanian kita sama berkualitasnya dengan daerah lain dan bagusnya pelatihan ini direspon baik oleh petani kita,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2635 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *